BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sempat Tergelincir, Lewis Hamilton: MotoGP Sulit Dikendarai

13-12-2019 13:50 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi dan Lewis Hamilton (c) Yamaha Valentino Rossi dan Lewis Hamilton (c) Yamaha

Bola.net - Pebalap Mercedes AMG Petronas Formula 1, Lewis Hamilton, menyebut motor MotoGP ternyata sangat sulit dikendarai. Hal ini ia nyatakan kepada Sky Sport usai mengendarai Yamaha YZR-M1 milik Valentino Rossi di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Senin (9/12/2019).

Dalam gelaran '#LH44VR46' yang diadakan Monster Energy, Hamilton dan Rossi bertukar kendaraan balap. Rossi pun mengendarai mobil W08 yang mengantarkan Hamilton merebut gelar dunia pada 2017 lalu. Selain itu, keduanya juga sempat berkendara beriringan di atas M1.

Rossi melaju di depannya untuk memberikan arahan kepada Hamilton soal garis balap, titik pengereman dan akselerasi di atas M1. Setelahnya, Hamilton diberi kesempatan untuk berkendara sendiri. Enam kali juara dunia ini pun mengaku sempat 'tergelincir'.

1 dari 1 halaman

'Motor MotoGP Itu Roket'

"Motor ini benar-benar tak mudah dikendarai. Saya sempat sedikit tergelincir, tapi di luar itu, saya berhasil membawanya kembali (ke garasi) dalam keadaan utuh. Saya belajar secara bertahap, tapi yang saya pelajari sangatlah banyak," ujarnya seperti yang dikutip Speedweek.

Hamilton, yang selama ini sekadar mengendarai motor-motor superbike dalam sesi trackday di beberapa sirkuit, akhirnya merasakan sendiri tenaga dan kecepatan sebuah motor MotoGP, yakni M1, yang mengantarkan Maverick Vinales merebut dua kemenangan musim ini.

"Motor ini roket. Saat berakselerasi, rasanya sungguh menakjubkan. Pengeremannya juga berbeda dari F1, tapi ada banyak hal yang harus dipikirkan: posisi tubuh, tingkat kemiringan, dan posisi kepala. Anda harus menguasai banyak hal dalam satu waktu," tutupnya.

KOMENTAR