BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sempat Skeptis, Miguel Oliveira Takjub Debut Iker Lecuona

28-11-2019 14:00 | Anindhya Danartikanya

Miguel Oliveira (c) KTM/Gold and Goose Miguel Oliveira (c) KTM/Gold and Goose

Bola.net - Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira, boleh jadi absen dari MotoGP Malaysia dan Valencia serta uji coba pascamusim di Valencia dan Jerez, namun ia tetap mengikuti semua perkembangan yang meliputi timnya dari rumahnya yang ada di Portugal.

Oliveira kini tengah dalam masa pemulihan cedera kerusakan ligamen bahu kanan akibat kecelakaan di Silverstone, Inggris, serta kerusakan tendon kedua pergelangan tangannya akibat kecelakaan hebat di Sirkuit Phillip Island Australia.

Ia pun menyempatkan diri menjalani wawancara dengan MotoGP.com lewat 'After The Flag' di sela uji coba Jerez pada 25-26 November lalu. Ia mengaku tetap mendapat kabar pengembangan RC16 lewat data yang dikumpulkan Pol Espargaro dan test rider KTM, Dani Pedrosa.

1 dari 2 halaman

Kecelakaan Paling Mengerikan

"Tak mudah terpaksa berdiam diri di rumah. Tapi kini saya fokus mempersiapkan 2020. Pengembangan motor tampak baik. Kami punya beberapa perangkat baru dan punya informasi dari Dani. Dapat informasi dari Dani atau Pol sangatlah penting bagi tim dan bagi saya," ujarnya.

Runner up Moto3 2015 dan Moto2 2018 ini juga sedikit mengisahkan kecelakaan hebat yang ia alami di Phillip Island, insiden yang membuat rider lainnya melayangkan protes kepada Badan Pengawas Balap untuk menghentikan sesi latihan keempat dan menunda sesi kualifikasi.

"Kecelakaan itu jelas paling mengerikan yang pernah saya alami di MotoGP. Kala itu anginnya sangat kencang, dan para pebalap hanya coba bertahan ketimbang ngotot berkendara. Situasinya bisa lebih buruk lagi, tapi saya beruntung bisa baik-baik saja," ungkap rider 24 tahun ini.

2 dari 2 halaman

Sambut Kedatangan Lecuona

Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona (c) Tech 3 Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona (c) Tech 3

Tak hanya mengamati uji coba, Oliveira juga mengamati tandem barunya, Iker Lecuona. Lecuona, yang musim depan menggantikan Hafizh Syahrin, menjalani debut MotoGP lebih awal dalam pekan balap Valencia, 15-17 November lalu, menggantikan Oliveira yang absen.

Meski baru mengenal motor RC16, rider 19 tahun itu mengundang decak kagum karena langsung bertarung di posisi 15 besar, sebelum akhirnya terjatuh di pertengahan balap dan gagal finis. Meski hasilnya tak sesuai harapan, Oliveira justru melihat ada hal positif dari performanya.

"Saya senang atas kehadiran Iker. Tadinya saya skeptis karena ia mengenal motor itu di Valencia, apalagi ia harus memikul beban balapan. Nyatanya, saya harus katakan ia bekerja dengan sangat baik! Ia akan jadi bantuan besar untuk 2020. Kami akan saling memotivasi!" tutupnya.

KOMENTAR

Sofia Kenin Petenis Belia yang Mengejutkan Australian Open 2020