Sempat Ngebet Pensiun: Catatan Menarik di Balik Kemenangan Aleix Espargaro di Argentina

Anindhya Danartikanya | 4 April 2022, 11:57
Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) AP Photo
Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) AP Photo

Bola.net - Pekan balap MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, 1-4 April 2022, menjadi pekan balap yang sangat emosional dan tak terlupakan bagi Aprilia Racing. Bagaimana tidak? Aleix Espargaro secara menggemparkan merebut kemenangan pada Senin (4/4/2022) dini hari WIB.


Pada Sabtu (2/4/2022), Espargaro merebut pole. Usai start dalam balapan, ia duduk di posisi kedua, di belakang Jorge Martin. Namun, ia tak panik, terus membuntuti rider Pramac Racing tersebut dengan tenang.

Espargaro pun baru mulai menyerang pada Lap 18. Sejak itu, keduanya terus-terusan saling salip memperebutkan posisi terdepan di Tikungan 5. Namun, Espargaro membuat kawan baiknya itu tak berkutik pada Lap 21. Sejak itu, ia melenggang menuju kemenangan.

Di balik kemenangan besar Espargaro ini, ada beberapa catatan menarik. Salah satunya fakta bahwa rider Spanyol tersebut sempat ingin pensiun dalam usia 31 tahun. Simak ulasannya berikut ini ya, Bolaneters!

1 dari 4 halaman

Pole Perdana, Kemenangan Perdana

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) AP Photo

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) AP Photo

1) Sehari sebelum balapan, Espargaro merebut pole, yakni pole perdananya sejak MotoGP Catalunya 2015, serta pole perdana Aprilia di era MotoGP (bergulir sejak 2002). Ini juga pole perdana Aprilia di kelas premier sejak GP500 Australia pada 2000 lewat Jeremy McWilliams.

2) Pole tersebut merupakan pole ketiga Espargaro di MotoGP, dan masing-masing ia raih dengan pabrikan berbeda, yakni Forward Yamaha, Suzuki, dan Aprilia. Dengan begitu, ia tercatat sebagai rider pertama pada era MotoGP yang mampu meraih pole dengan tiga pabrikan berbeda.

3) Kemenangan di MotoGP Argentina merupakan kemenangan perdana Espargaro di ajang Grand Prix. Ini juga kemenangan perdana Aprilia di kelas premier (GP500/MotoGP).

2 dari 4 halaman

Tadinya Satu-satunya Rider yang Tak Pernah Menang

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) AP Photo

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) AP Photo

4) Sebelumnya, dari 24 pembalap MotoGP 2022, Espargaro adalah satu-satunya rider yang belum pernah mengecap satu pun kemenangan sejak debutnya di Grand Prix.

5) MotoGP Argentina 2022 merupakan Grand Prix ke-200 bagi Espargaro di MotoGP. Uniknya, MotoGP Argentina kali ini juga merupakan Grand Prix ke-499 yang digelar oleh Dorna Sports, pemegang hak komersil kejuaraan ini sejak 1992.

6) Selain meraih kemenangan perdana, Espargaro juga pertama kalinya memimpin klasemen pembalap. Ia mengoleksi 45 poin, unggul 7 poin atas rider Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder di peringkat kedua. Ini juga pertama kalinya seorang rider Aprilia memimpin klasemen di era MotoGP.

3 dari 4 halaman

Sempat Ingin Pensiun

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

7) Pada 2019, Espargaro sempat mengaku ingin pensiun pada akhir 2020 akibat Aprilia yang tak kunjung kompetitif. Namun, lewat MotoGP.com usai menang, ia mengaku bersyukur tak menyerah. "Tiga tahun lalu, saya tak punya semangat, saat itu rasanya sangat hampa," ungkap pembalap berusia 32 tahun ini.

"Saya bilang pada istri saya, 'Laura, aku tak bisa lanjut, aku tak menikmatinya, aku masih muda, mari kita lakukan hal lain'. Tapi ia sangat membantu saya bangkit. Selain itu, sejak kedatangan Massimo Rivola (CEO Aprilia Racing), segalanya mulai berubah, dan saya percaya pada proyek ini," lanjutnya.

8) MotoGP Argentina 2022 juga menyajikan fakta bahwa tiga seri perdana dimenangi tiga rider berbeda. MotoGP Qatar dimenangi Enea Bastianini (Gresini Racing), MotoGP Mandalika dimenangi Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing), dan MotoGP Argentina dimenangi oleh Aleix Espargaro (Aprilia Racing).

4 dari 4 halaman

9 Tempat Podium, 9 Penghuni Berbeda

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) AP Photo

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) AP Photo

9) Tak hanya itu, kemenangan Espargaro juga menyajikan fakta bahwa sembilan tempat di podium dalam tiga balapan pertama diisi oleh sembilan rider berbeda. Podium Qatar ditempati Enea Bastianini, Brad Binder, dan Pol Espargaro. Podium Mandalika ditempati Miguel Oliveira, Fabio Quartararo, dan Johann Zarco. Podium Argentina ditempati Aleix Espargaro, Jorge Martin, dan Alex Rins.

10) Dengan kemenangan Espargaro di Argentina, maka kini ada 11 pembalap yang sukses meraih kemenangan perdana mereka di MotoGP sejak awal 2019. Jumlah ini satu lebih banyak dari total jumlah peraih kemenangan perdana pada periode 2007-2018.

11) Dengan kemenangan Espargaro pula, kini seluruh pabrikan MotoGP yang ada, yakni Aprilia, Ducati, Honda, KTM, Suzuki, dan Yamaha telah meraih kemenangan dalam dua musim terakhir.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR