BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Sempat Gugup, Jorge Martin Malah 18 Lap Pimpin MotoGP Doha dan Naik Podium

05-04-2021 09:12 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing

Bola.net - Usai menggebrak lewat pole yang ia sabet sehari sebelumnya, Jorge Martin bikin seisi paddock MotoGP makin kagum usai dirinya memimpin balapan selama 18 lap dalam Seri Doha di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (4/4/2021). Debutan Pramac Racing ini akhirnya finis ketiga, namun hasil ini baginya hasil yang sangat fantastis.

Seperti diketahui, akibat Covid-19, para debutan MotoGP hanya mendapatkan lima hari uji coba dalam masa pramusim. Meski begitu, Martin langsung tampil apik pada Seri Qatar pekan lalu, saat ia start dari posisi 14 namun mampu mencapai posisi 4 pada lap pembuka, walau akhirnya harus puas finis di posisi 15.

Hanya 10 hari mengendarai Desmosedici, Martinator tahu-tahu menyabet pole pada Sabtu (3/4/2021) lalu. Dalam balapan, startnya pun sangat baik. Ia langsung memimpin dan sama sekali tak terganggu selama 18 lap pertama berkat ritme balap yang sangat konsisten. Namun, ban yang aus membuatnya tersalip Fabio Quartararo empat lap menjelang finis.

1 dari 3 halaman

Kecewa Harus Main Aman saat Lawan Johann Zarco

"Balapan yang menyenangkan. Sulit memimpin selama 18 lap. Namun, saya rasa memang lebih baik begini. Saya bisa mengontrol ritme, mengontrol ban, hal-hal yang sulit saya lakukan pekan lalu. Saya mengalami kemajuan besar dan mampu memperbaiki fokus saya dan manajemen ban saya. Ini sangat penting," ujar Martin kepada Crash.net.

Usai tersalip Quartararo, Martin menyadari dirinya masih harus banyak belajar, namun ia gigih mempertahankan posisi kedua. Meski begitu, pada lap penutup di Tikungan 14, juara dunia Moto3 2018 ini harus rela disalip oleh tandemnya sendiri, Johann Zarco. Alhasil, ia pun terpaksa menerima fakta dirinya finis ketiga.

"Saya mencapai limit demi membuntuti Fabio. Namun, saya bilang, 'Oke, mungkin ini saatnya ngotot mengejarnya dan mempertahankan podium ini.' Sayang saya kehilangan posisi kedua. Saya tak 100% senang, karena saat lihat Johann, saya sadar tak bisa lebih ngotot, karena kami bisa kecelakaan dan bakal jadi bencana," lanjut Martin.

2 dari 3 halaman

Tak Menyangka Ritmenya Konsisten

Di lain sisi, jika mengingat dirinya hanya punya waktu lima hari untuk uji coba pada masa pramusim, Martin mengakui bahwa podium merupakan hasil luar biasa. Apalagi mengingat dirinya sempat gugup sebelum start dan tak menyangka bisa mendapatkan ritme balap yang sangat baik.

"Posisi ketiga hasil yang menakjubkan usai pramusim yang singkat di MotoGP, saya pun mengambil kesempatan demi ada di sini hari ini. Jadi, saya sangat senang. Tadinya saya cukup gugup, karena start dari pole tidaklah mudah. Saya pikir ritme saya takkan cukup untuk melaju di depan. Nyatanya saya bisa mengendalikannya dan bekerja dengan baik," tutupnya.

Saat ini, Martin tengah berada di peringkat ketujuh pada klasemen pembalap dengan koleksi 17 poin, hanya tertinggal lima poin dari juara dunia bertahan, Joan Mir, di peringkat keenam. Balapan berikutnya akan digelar di Sirkuit Portimao, Portugal, pada 15-18 April mendatang.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Jorge Martin Sabet Pole di Kualifikasi MotoGP Doha 2021

KOMENTAR