BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Selain Kapal Pesiar, Bumi Perkemahan Jadi Opsi Penginapan MotoGP Mandalika

19-01-2022 10:30 | Anindhya Danartikanya

Sirkuit Mandalika, Indonesia (c) AP Photo
Sirkuit Mandalika, Indonesia (c) AP Photo

Bola.net - Menjelang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022, pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengajukan usulan camping ground atau bumi perkemahan sebagai opsi akomodasi penginapan bagi penonton yang hadir. Demikian yang dilaporkan Antara, Selasa (18/1/2022).

Seperti yang diketahui, MotoGP akan kembali ke Tanah Air untuk pertama kalinya sejak 1997. Para pembalap motor terbaik di dunia, baik dari kelas MotoGP, Moto2, maupun Moto3 dipastikan akan berlaga. Mengingat fanbase MotoGP di Indonesia sangat masif, maka jumlah penggemar yang datang diperkirakan membludak.

Sebelumnya, pada Senin (10/1/2022), Sekretaris Daerah NTB HL Gita Ariadi menyatakan ketersediaan kamar hotel di NTB baru mencapai 16.000. Padahal, jumlah penonton diprediksi mencapai 64.000 orang, sehingga kebutuhan kamar dipastikan banyak. Alhasil, pemerintah harus putar otak mengatasi kendala ini.

1 dari 2 halaman

Tentukan Beberapa Lokasi Perkemahan

MotoGP Emilia Romagna 2021 di Sirkuit Misano, Italia (c) AP Photo
MotoGP Emilia Romagna 2021 di Sirkuit Misano, Italia (c) AP Photo

Sebagai tambahan opsi selain hotel, Gita menyebut bahwa homestay di rumah-rumah warga juga sedang dipersiapkan. Permohonan kapal pesiar kepada Kemenhub juga dilakukan sebagai alternatif mengatasi kekurangan kamar hotel yang mungkin terjadi saat berlangsungnya pekan balap MotoGP.

Pada Selasa, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah, Lendek Jayadi, menambahkan bahwa pihaknya sedang mengusulkan bumi perkemahan untuk jadi opsi berikutnya. "Kita telah usulkan camping ground kepada 'Kampung Eiger' dan saat ini masih menunggu hasil kurasi yang akan dilaksanakan," tuturnya.

Beberapa lokasi yang akan dijadikan pusat bumi perkemahan pun sudah ditentukan, yakni Gunung Tunak, Kota Praya, Long Tune Kopang, Bendungan Batujai, dan wilayah Utara Lombok Tengah. "Ini akan menjadi alternatif tempat penginapan bagi penonton MotoGP," kata Lendek.

2 dari 2 halaman

Jumlah Penonton Bisa Lebih Banyak dari WorldSBK 2021

Penonton WorldSBK Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika. (c) AP PhotoPenonton WorldSBK Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika. (c) AP Photo

Lendek juga mengatakan jumlah penonton MotoGP Mandalika diprediksi akan lebih banyak dibandingkan jumlah penonton WorldSBK Mandalika pada November 2021 lalu. Dengan begitu, ketersediaan tempat menginap di area sirkuit juga harus ditambah.

"Masih ada kekurangan kamar, sehingga pemerintah saat ini terus mencari alternatif untuk memenuhi kebutuhan akomodasi pada ajang MotoGP tersebut. Akan ada kapal pesiar yang akan didatangkan untuk dijadikan hotel terapung," ungkapnya.

Menurut Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri, kapal pesiar yang diperkirakan memiliki 2.000 kamar tersebut rencananya akan bersandar di Pelabuhan Awang sepanjang gelaran MotoGP Mandalika.

Sumber: Antara

KOMENTAR