BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Sekali Juara, Tetap Juara: Honda Apresiasi Perjuangan Marc Marquez di Le Mans

18-05-2021 09:24 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, tak memungkiri kecewa melihat Marc Marquez harus gagal finis di MotoGP Le Mans, Prancis, Minggu (16/5/2021). Namun, lewat Track Report Honda Racing, Puig menyampaikan apresiasi besar Honda Racing Corporation (HRC) atas perjuangan keras Marquez demi meraih kemenangan.

Marquez yang start dari posisi keenam, naik ke posisi keempat pada lap pembuka balapan yang dimulai dalam kondisi kering ini. Namun, pada lap berikutnya, ia kembali ke posisi keenam usai disalip oleh Takaaki Nakagami dan Alex Rins. Pada Lap 4, hujan mulai turun dan ia berganti motor bersama Fabio Quartararo pada akhir Lap 5.

Akibat kesalahan El Diablo di garasi, Marquez pun keluar pitlane lebih dulu dan memimpin balapan. Ia mencetak margin cukup lebar, tapi terjatuh di Tikungan 14 pada Lap 8 akibat ban belakangnya selip. Ia mampu kembali ke trek, namun duduk di posisi 18 dan harus kembali susah payah merangsek ke depan.

1 dari 3 halaman

'The Real Marc Marquez' Tak Pernah Hilang

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Twitter/HRC MotoGP Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Twitter/HRC MotoGP

"Kesimpulan dari balapan itu adalah, jika Anda terlahir sebagai juara, maka Anda akan selalu jadi juara. Marc melihat kans menang di Le Mans, dan bahkan dengan kondisi fisiknya yang seperti itu, ia telah berusaha. Ia memimpin balapan, lalu terjatuh, dan kemudian bangkit serta kembali jadi rider tercepat di trek," ujar Puig.

Marquez pun sempat naik ke posisi 11. Namun, ia jatuh lagi di Tikungan 6 pada Lap 18. Motornya rusak parah dan ia tak bisa lanjut balapan. Marquez pun mengaku hilang fokus, karena memikirkan kondisi lengan dan baru saja memberi kode kepada timnya bahwa ia hendak masuk lagi ke pitlane untuk ganti ke ban kering.

"Sangat disayangkan Marc terjatuh lagi, namun semangat dan kekuatan yang ia punya dalam dirinya sungguh sulit dipercaya. Tentu kami tak puas atas hasilnya, namun kami senang Marc kembali menunjukkan dirinya yang sesungguhnya, yang ternyata tak hilang usai bulan-bulan yang berat," lanjut Puig.

2 dari 3 halaman

Bukti Marc Marquez Tak Pernah Menyerah

Puig, yang sempat absen di Portimao dan Jerez akibat masalah kesehatan, juga menegaskan bahwa balapan ini adalah bukti bahwa Marquez belum 'habis'. Semangat juang delapan kali juara dunia itu masih membara meski sempat absen semusim akibat cedera patah tulang lengan kanan.

"Hal negatif dari balapan ini adalah Marc terjatuh, dan hal positifnya adalah semangat juangnya. Usai bulan-bulan berat, ia tak pernah menyerah. Kita bisa lihat ia punya kans menang di Le Mans. Ia ingin menang, cepat atau lambat pasti terjadi. Saat ini, fisiknya belum siap, namun Honda paham dan akan menunggu sampai ia siap," tutup Puig.

Saat ini, Marquez berada di peringkat 17 pada klasemen pembalap dengan koleksi 16 poin. Ia akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Italia yang akan digelar di Sirkuit Mugello pada 28-30 Mei mendatang.

Sumber: Honda Racing

3 dari 3 halaman

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina

KOMENTAR