BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Sedih Jadi Rider MotoGP Tertua, Andrea Dovizioso Bidik Gelar Dunia

25-01-2022 09:30 | Anindhya Danartikanya

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) MotoGP.com
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) MotoGP.com

Bola.net - Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso, akan berulang tahun ke-36 pada Maret nanti. Dengan pensiunnya Valentino Rossi akhir musim lalu, ia otomatis menjadi pembalap tertua di MotoGP 2022. Lewat Crash.net, Senin (24/1/2022), ia mengaku punya perasaan campur aduk soal fakta ini.

Dovizioso sedih jadi rider tertua di grid, namun ini juga berarti dirinya punya karier yang cukup panjang. Karier panjang baginya berarti ia telah menjalankan cara kerja yang baik, hingga performa masih tinggi, hasil baik bisa diraih, dan jarang cedera. Ia pun berterima kasih atas dukungan orang-orang di sekelilingnya.

"Saya tak bisa senang jadi rider tertua di grid! Ini tidak positif!" ujarnya sembari tertawa. "Tapi saya bahagia. Jika saya di sini dalam usia segini, berarti saya bekerja dengan cara yang tepat dalam karier saya, dan orang-orang di sekitar telah membantu saya mengalami peningkatan konstan. Saya bangga dan berterima kasih pada mereka."

1 dari 2 halaman

Dijagokan Jadi Juara, Dovizioso Tak Mau Jemawa

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) MotoGP.comPembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) MotoGP.com

Berbeda dengan lima seri terakhir musim lalu di mana ia hanya mengendarai YZR-M1 versi 2019 peninggalan Franco Morbidelli, Dovizioso kali ini akan mengendarai M1 versi 2022. Punya spek pabrikan, Dovizioso akan dapat dukungan sama persis seperti yang diterima Fabio Quartararo dan Morbidelli di Monster Energy Yamaha.

Atas alasan inilah, sang team principal, Razlan Razali optimistis Dovizioso bisa meramaikan perebutan gelar. Dovizioso tak memungkiri itu memang targetnya, namun tak mau jemawa karena ia masih harus beradaptasi usai delapan musim membela Ducati. "Saya rasa bakal sulit, karena levelnya sangat tinggi," ungkapnya.

"Lagi pula kami belum tahu situasi motor kami dibanding motor lain, dan kami masih harus menjalani uji coba. Kini aturan kembali terbuka untuk pengembangan mesin dan lainnya. Apa pun bisa terjadi. Saya tak mau bilang 'ya', namun saya di sini untuk mencobanya dan saya rasa tahun ini takkan jadi tahun belajar!" lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Santai Tak Punya Kontrak untuk MotoGP 2023

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) RNF YamahaPembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) RNF Yamaha

Tiga kali runner up MotoGP dan juara dunia GP125 2004 ini juga mengaku tak mau dipusingkan oleh fakta dirinya hanya punya kontrak setahun dengan Yamaha. Dovizioso santai saja dan ingin bersenang-senang musim ini. "Segalanya selalu terhubung dengan hasil. Jadi, jika hasilnya sangat oke, maka takkan masalah," tuturnya.

"Tapi jika hasilnya tak baik, biar saja terjadi. Saya sangat santai. Saya tak punya kontrak untuk tahun depan, namun saya memang tak mau punya kontrak dalam masa-masa sekarang karena saya belum tahu apa yang harus dilakukan. Jika cepat, Anda senang. Jika tak cepat, Anda takkan senang, apalagi dalam periode karier saya saat ini," tutupnya.

Dovizioso, yang akan bertandem dengan Darryn Binder, akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 5-6 Februari, yang kemudian akan dilanjutkan di Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada 11-13 Februari mendatang.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR