BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Sebastian Vettel Didiskualifikasi dari Formula 1 GP Hungaria Gara-Gara Sampel Bensin

02-08-2021 08:52 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aston Martin Cognizant, Sebastian Vettel (c) AP Photo
Pembalap Aston Martin Cognizant, Sebastian Vettel (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Aston Martin Cognizant, Sebastian Vettel, resmi didiskualifikasi dari Formula 1 GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Minggu (1/8/2021). Vettel, yang melewati garis finis di posisi kedua, mendapat hukuman ini usai petugas balap tak bisa mengambil sampel bahan bakar yang diperlukan dari mobilnya usai balap.

Hal ini diumumkan oleh FIA lewat situs resmi kejuaraan hanya beberapa jam setelah finis. Menurut regulasi teknis, para peserta harus menyediakan sampel bahan bakar sebanyak satu liter untuk diambil kapan saja dalam sebuah pekan balap. Sayangnya, kali ini petugas hanya bisa mendapatkan 0,3 liter dari mobil Vettel.

Keputusan ini pun berarti membuat pembalap Mercedes AMG Petronas sekaligus tujuh kali juara dunia, Lewis Hamilton, naik ke posisi kedua, sementara pembalap Scuderia Ferrari, Carlos Sainz jr, dinyatakan finis ketiga. Keduanya finis di belakang sang pemenang, Esteban Ocon, dari Alpine F1 Team.

1 dari 2 halaman

Aston Martin Ajukan Banding

Lewat Twitter, Aston Martin pun mengumumkan niatan untuk mengajukan banding. "Kehilangan 18 poin sungguh mengecewakan bagi tim, namun ini tak menghapus fakta bahwa Sebastian berkendara dengan sangat baik. Hari ini kami membuktikan mobil kami punya ritme yang kuat," tulis mereka.

Akibat pengajuan banding Aston Martin ini, hasil balap dan klasemen pembalap maupun konstruktor di Formula1.com belum juga diubah terhitung sampai Senin (2/8/2021) pukul 08.42 WIB. Namun, F1 sudah mengumumkan sepuluh besar hasil balap dan klasemen terbaru lewat Instagram.

View this post on Instagram

A post shared by FORMULA 1® (@f1)

View this post on Instagram

A post shared by FORMULA 1® (@f1)

View this post on Instagram

A post shared by FORMULA 1® (@f1)

Para pembalap F1 akan kembali turun lintasan dalam Seri Belgia yang bakal digelar di Sirkuit Spa-Francorchamps pada 27-29 Agustus, dilanjutkan dengan F1 GP Belanda di Sirkuit Zandvoort pada 3-5 September mendatang.

Sumber: Formula 1

2 dari 2 halaman

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022

KOMENTAR