Sebal Dianggap Pengecut, Danilo Petrucci Ajak Marquez-Dovizioso Jajal Reli Dakar

Anindhya Danartikanya | 28 Januari 2022, 16:10
Marc Marquez, Danilo Petrucci, dan Andrea Dovizioso di MotoGP Italia 2019. (c) AP Photo
Marc Marquez, Danilo Petrucci, dan Andrea Dovizioso di MotoGP Italia 2019. (c) AP Photo

Bola.net - Danilo Petrucci mengajak Marc Marquez dan Andrea Dovizioso untuk ikut Reli Dakar setidaknya sekali seumur hidup. Hal ini ia nyatakan kepada Moto.it, Rabu (26/1/2022), usai sebal karena peserta Reli Dakar memandang rider-rider MotoGP sebagai 'pengecut', mengingat medan balapnya tak ekstrem Dakar.


Petrucci sendiri menjalani debut di Reli Dakar 2022, usai 10 tahun berlaga di MotoGP. Partisipasinya pun sempat diremehkan, karena rider Italia itu datang dari ajang road race. Namun, Petrucci justru sukses mematahkan pandangan-pandangan remeh itu padanya usai menggebrak dengan performa yang garang.

Membela Tech 3 KTM Factory Racing, ia konsisten memperebutkan podium, bahkan secara mengejutkan memenangi Stage 5. Ia tercatat sebagai eks rider MotoGP pertama yang mampu memenangi sebuah stage Dakar. Petrucci pun bangga 'mengharumkan' nama MotoGP di ajang motorsport paling berbahaya di bumi itu.

1 dari 2 halaman

Bela Etos Kerja Para Rider MotoGP

Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images

Hasilnya di Reli Dakar pun membuat Petrucci yakin, rival-rivalnya di MotoGP bisa melakukan hal serupa. "Orang-orang di Reli Dakar melihat para rider MotoGP sebagai pengecut. Namun, saya rasa tidak begitu. Pasalnya, jika melihat kerja keras mereka (rider MotoGP), saya tak pernah melihat siapa pun menyerah," belanya.

"Anda tak mungkin ke MotoGP hanya karena kebetulan. Saya lahir sebagai rider motocross, hanya beberapa tahun kemudian saya pindah ke road race. Saya pun ingin kolega-kolega saya (di MotoGP) untuk mencobanya. Saya yakinkan bahwa Dakar sangat hebat untuk siapa pun yang menggemari motor!" lanjut rider 31 tahun ini.

Selama turun di Reli Dakar, Petrucci banjir dukungan dari para rivalnya di MotoGP. Saat ia memenangi Stage 5, mereka juga berbondong-bondong meneleponnya. Menurut pengakuannya, beberapa rider malah curhat karena jadi ingin menjajal Dakar suatu saat nanti. Salah satunya adalah juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir.

2 dari 2 halaman

Asal Oke di Off-road, Pasti Oke di Reli Dakar

Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rally Zone

"Semua orang di MotoGP mengirimkan pesan kepada saya. Joan adalah salah satu orang yang bilang bahwa ia ingin mencoba. Tapi rider seperti Marc dan Dovi juga tidak kekurangan skill. Jika Anda berkendara dengan baik di atas motor off-road, Anda jelas bisa melakukannya. Saya ingin mereka mencobanya," ungkap Petrucci.

Rider yang akan turun di MotoAmerica 2022 bersama Ducati ini juga menyatakan bahwa rivalitas di Dakar berbeda dari MotoGP. Rekan setim di Dakar justru dengan senang hati memberikan bantuan agar sama-sama finis dan meraih hasil baik. Ini berkebalikan dengan MotoGP, di mana rekan setim justru jadi rival utama.

"Persaingan Dakar sangat ketat, namun Anda juga berbagi pengalaman dengan rider lain ketimbang bersaing satu sama lain, terutama dengan rekan satu pabrikan. Persaingan rekan setim di Dakar berbeda dari persaingan rekan setim di MotoGP. Selain itu, balapannya sangat panjang, risikonya sangat tinggi," pungkas Petrucci.

Sumber: Motoit

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR