BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Savadori Kembali, Aprilia Pastikan Vinales Tak Turun di MotoGP Inggris

26-08-2021 08:55 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing Gresini, Lorenzo Savadori (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing Gresini, Lorenzo Savadori (c) Aprilia Racing

Bola.net - Aprilia Racing Team Gresini memastikan bahwa Maverick Vinales takkan turun balapan dalam MotoGP Silverstone, Inggris, 27-29 Agustus, dengan mengumumkan kembalinya sang pembalap reguler, Lorenzo Savadori. Hal ini mereka nyatakan lewat rilis resmi tim pada Rabu (25/8/2021).

Savadori sempat mengalami cedera retak engkel kanan akibat kecelakaan di Seri Styria tiga pekan lalu usai menabrak motor KTM RC16 milik Dani Pedrosa yang terjatuh di Tikungan 3 Sirkuit Red Bull Ring. Alhasil, rider asal Italia ini tak bisa turun dalam balapan kedua seri tersebut, sekaligus absen dari Seri Austria.

Sebelumnya, Savadori sempat digosipkan akan digantikan Vinales di sisa musim ini, mengingat rider Spanyol tersebut sudah berpisah dari Monster Energy Yamaha efektif sejak 20 Agustus 2021, menyusul insiden kontroversial di mana Top Gun dinilai melakukan 'aksi tak lazim' yang bisa merusak mesin YZR-M1 di Seri Styria.

Savadori pun sudah menjalani operasi dengan lancar di Parma, Italia, pada 9 Agustus 2021 dan telah menjalani proses rehabilitasi. Aprilia menyatakan bahwa rider yang akrab disapa 'Sava' itu akan hadir di Silverstone dan akan menjalani cek medis dengan dokter di sirkuit pada Kamis (26/8/2021) pagi waktu setempat.

1 dari 2 halaman

Cek Medis di Sirkuit pada Kamis Pagi

Lorenzo Savadori (c) Aprilia Racing
Lorenzo Savadori (c) Aprilia Racing

"Di sebelah garasi Aleix Espargaro, Lorenzo Savadori akan kembali usai absen dari Seri Austria akibat kecelakaan pada sepekan sebelumnya. Operasi pada tulang malleolus kanannya sudah dijalani dengan sukses, dan kini sang rider tengah menanti izin dokter untuk bisa kembali mengendarai motor," tulis Aprilia.

Savadori sendiri bersemangat kembali berlaga di MotoGP, meski tak lagi mengunjungi Silverstone sejak 2013, saat masih turun di ajang FIM Superstock 1000. Kehadirannya ini sekaligus memastikan Vinales takkan berlaga untuk Aprilia di trek tersebut, mengingat pabrikan asal Noale, Italia, ini juga belum mengajukan slot wildcard untuknya.

"Saya tak kenal Silverstone dengan baik, belum balapan lagi di sana sejak 2013. Namun, trek ini cepat dan sangat menyenangkan. Cedera saya masih baru, besok saya akan memeriksa situasi dan berharap dapat izin balapan. Saya tak sabar kembali berkendara dan melihat reaksi engkel saya, baik kekuatan maupun rasa sakitnya. Saya akan kesulitan, tapi saya siap," ujar Savadori.

2 dari 2 halaman

Nasib Maverick Vinales di Sisa Musim 2021

Maverick Vinales (c) Aprilia Racing
Maverick Vinales (c) Aprilia Racing

Vinales diketahui telah memiliki kontrak setahun dengan Aprilia untuk 2022. Selain itu, meski berpisah secara tidak baik-baik, ia telah dapat izin dari Yamaha untuk membela tim lain di sisa musim 2021. Yang artinya, ia bisa membela Aprilia musim ini juga jika Aprilia memang menghendakinya.

Alhasil, rider 26 tahun itu juga bisa menjajal motor RS-GP dalam waktu dekat, tak perlu menanti uji coba pascamusim di Valencia pada tengah November nanti. Pada Sabtu (21/8/2021), GPOne melaporkan bahwa CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola sudah mulai bergerak menyusun rencana.

Vinales akan menjalani uji coba lebih dahulu dengan RS-GP di Sirkuit Misano, 31 Agustus-1 September. Setelahnya, ia diperkirakan akan balapan lagi mulai MotoGP Aragon, Spanyol, 10-12 September. Ia akan turun dengan enam fasilitas wildcard yang sejauh ini belum dipakai sama sekali oleh Aprilia sebagai pabrikan berkonsesi.

Sumber: Aprilia Racing, GPOne

KOMENTAR