Sambut WorldSBK 2022, Mandalika Jalani Modifikasi demi Penuhi Permintaan Dorna dan FIM

Anindhya Danartikanya | 19 Agustus 2022, 12:02
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia (c) Honda Racing Corporation
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, menyatakan bahwa Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia, akan mengalami modifikasi selama September sesuai permintaan Dorna Sports dan FIM. Proses ini dilakukan demi menyambut gelaran WorldSBK Indonesia pada 11-13 November 2022.

Dalam keterangan resmi MGPA yang dirilis pada Jumat (19/8/2022), Priandhi menyatakan bahwa pihaknya sudah melakukan rapat dengan Dromo Circuit Design dan PT PP untuk memenuhi modifikasi ini. Proses perbaikan trek akan dimulai pada 1 September, dan diharapkan sudah selesai pada akhir bulan.

"MGPA sudah melakukan kick off meeting bersama Dromo selaku konsultan yang membantu proses perbaikan trek, begitu juga PP selaku pelaksana di lapangan, yang tentu diikuti oleh konsultan-konsultan lainnya. Perbaikan trek ini adalah permintaan Dorna kepada MGPA dan ditembuskan kepada FIM," ujar Priandhi.

1 dari 3 halaman

Saran dan Keharusan dari Dorna dan FIM

Dirut MGPA, Priandhi Satria (c) Darojatun/Bola.net

Dirut MGPA, Priandhi Satria (c) Darojatun/Bola.net

Menurut Priandhi, saran dan keharusan dalam daftar permintaan Dorna dan FIM ini dicatat usai pekan balap WorldSBK 2021 serta tes pramusim dan pekan balap MotoGP 2022. Saran yang diberikan kebanyakan terkait pemandangan trek, sementara keharusan yang diberikan mayoritas terkait tingkat keselamatan.

"MGPA harus melakukan berbagai modifikasi, baik berdasarkan saran maupun keharusan. Kalau saran, ini yang minor-minor, berupa pengecatan dan segala hal yang berhubungan dengan visual. Ada juga yang merupakan keharusan, di mana usai balapan WorldSBK, pramusim MotoGP, dan balapan MotoGP, Dorna meninggalkan catatan soal berbagai hal yang harus dilakukan," tuturnya.

Salah satu yang menjadi sorotan Dorna dan FIM adalah lebarnya area run off di beberapa tikungan. "Ada permintaan penambahan lebar area run off di beberapa titik. Kami pun harus membersihkan gravel-nya terlebih dahulu, kemudian melebarkan run off-nya, dan lalu dirapikan lagi," ungkap Priandhi.

2 dari 3 halaman

Juga Ada Tambahan Ban di Tembok Pembatas Trek

Sirkuit Mandalika (c) MGPA

Sirkuit Mandalika (c) MGPA

Selain itu, ada permintaan modifikasi pada dinding pembatas trek. "Ada juga penambahan pagar ban di depan tembok pembatas. Tadinya ada dua baris, mereka minta ditambahkan menjadi enam baris. Ada juga di beberapa tempat yang susunan bannya kurang banyak dan Dorna meminta penambahan," jelas Priandhi.

Priandhi menyatakan pengecekan terakhir akan dilakukan sebelum gelaran Shell Eco-Marathon pada 11-15 Oktober 2022. "Jika proses perbaikan trek ini selesai pada pekan pertama bulan Oktober, kami akan menjalani uji coba pertama dengan Shell Eco-Marathon 2022 yang digelar oleh Shell Indonesia bekerja sama dengan Shell Global," ungkapnya.

"Perbaikan trek ini pun akan dimulai pada 1 September 2022. Jadi, selama bulan September, Mandalika akan ditutup dan akan dibuka lagi pada awal Oktober untuk verifikasi dan persiapan sebelum dipakai oleh Shell Eco-Marathon," pungkas Priandhi.

3 dari 3 halaman

Profil Sirkuit Mandalika

Marco Bezzecchi saat melintas di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia (c) VR46 Racing Team

Marco Bezzecchi saat melintas di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia (c) VR46 Racing Team

Nama resmi: Pertamina Mandalika International Circuit

Letak: Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Tuan rumah: Asia Talent Cup, WorldSBK, dan MotoGP

Panjang sirkuit: 4.313 meter

Lebar sirkuit: 15 meter

Panjang trek lurus: 723 meter

Jumlah tikungan: 17 (11 kanan, 6 kiti)

Rekor lap MotoGP: 1 menit 31,067 detik (Fabio Quartararo - Yamaha)

Rekor lap WorldSBK: 1 menit 34,288 detik (Toprak Razgatlioglu - Yamaha)

Sumber: MGPA

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR