BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Salut pada Lorenzo dalla Porta, Valentino Rossi Cari Talenta Baru

12-11-2019 15:38 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengaku salut pada rider muda Italia dari Leopard Racing, Lorenzo dalla Porta, yang sukses mengunci gelar dunia Moto3 2019 di Phillip Island, Australia, tiga pekan lalu. Hal ini ia sampaikan kepada Corsedimoto pada Senin (11/11/2019).

Musim ini, dalla Porta jadi rider Moto3 paling konsisten. Ia meraih 11 podium, yang empat di antaranya kemenangan. Meski bukan anggota VR46 Riders Academy, dalla Porta sempat membela tim balap Rossi, Sky Racing VR46 di Moto3 2016. Kala itu ia turun dalam tujuh balapan, menggantikan Romano Fenati yang didepak.

"Lorenzo sempat balapan dengan kami lewat Sky Racing VR46. Sayangnya kala itu ia punya cedera bahu, jadi ia tak bisa memaksimalkan potensinya. Meski begitu, kami bekerja dengan sangat baik bersama-sama," ungkap sang sembilan kali juara dunia.

1 dari 2 halaman

Sempat Ingin Ikut VR46 Academy

Pebalap Leopard Racing, Lorenzo dalla Porta (c) Leopard Racing Pebalap Leopard Racing, Lorenzo dalla Porta (c) Leopard Racing

Dalla Porta, yang saat ini berusia 22 tahun, mengaku sempat ingin bergabung dengan VR46 Riders Academy dan dimentori langsung oleh Rossi. Meski begitu, ia akhirnya memutuskan menjalani karier secara independen, dan mencari pelatih balap sendiri.

"Bisa dibilang, saya pernah ingin masuk VR46, karena bisa berlatih dengan para rider yang cepat, bisa bersenang-senang, dan level performa bisa berkembang. Dikelilingi para rider yang kuat, Anda akan selalu berusaha sebaik mungkin. Tapi kini saya sudah sangat fokus bekerja dengan pelatih saya," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Taruh Harapan pada Celestino Vietti

Rossi pun kini mencari talenta baru untuk VR46 Riders Academy, mengingat akademinya akan ditinggalkan Lorenzo Baldassarri, Nicolo Bulega, dan Dennis Foggia akhir tahun ini. Ia juga tak ingin Niccolo Antonelli dan Andrea Migno berlama-lama di Moto3.

Kini, Rossi pun berharap rider Sky Racing VR46, Celestino Vietti, bisa menjadi juara dunia Moto3 musim depan, agar bisa segera naik ke Moto2 pada 2021 mendatang. The Doctor ingin Vietti mengikuti jejak dalla Porta, yang tahun depan sudah naik ke Moto2 bersama Italtrans Racing.

"Sayangnya, tampaknya kami punya beberapa rider yang sudah terlalu tua untuk Moto3! Jadi mereka sudah siap untuk Moto2. Tapi tahun depan, kami bisa bertarung dengan Celi. Italia sudah meraih beberapa gelar di Moto2, dan ini penting," pungkas Rossi.

KOMENTAR