BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Sah! Andrea Dovizioso Balik ke Yamaha Sampai MotoGP 2022, Dapat Kontrak Pabrikan

16-09-2021 17:51 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Andrea Dovizioso (c) Yamaha Motor Racing
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Andrea Dovizioso (c) Yamaha Motor Racing

Bola.net - Usai dinanti-nanti, Yamaha Motor Racing (YMR) akhirnya merilis pengumuman resmi bahwa Andrea Dovizioso akan membela Petronas Yamaha SRT sepanjang sisa musim MotoGP 2021, mulai Seri San Marino di Sirkuit Misano, 17-19 September. Tak hanya itu, YMR juga menyatakan Dovizioso akan membela tim satelit mereka pada 2022.

Dovizioso menjalani debut MotoGP pada 2008 bersama Honda. Pada 2013, ia pindah ke Ducati. Bersama Tim Merah, rider Italia ini sukses menjadi tiga kali runner up MotoGP, yakni pada 2017, 2018, dan 2019. Ia sempat vakum balapan dari ajang ini sejak awal 2021 dan beralih ke motocross, meski berharap kembali pada 2022.

Dovizioso juga sempat nyaris bakal membela Aprilia Racing, di mana ia bahkan menjadi test rider mereka sejak April sampai akhir Agustus lalu. Namun, perpisahan mendadak antara Maverick Vinales dan Yamaha pada 20 Agustus, ditambah kedatangan Vinales ke Aprilia, membatalkan rencana ini.

1 dari 2 halaman

Pernah Bela Yamaha pada 2012

Hiroshi Ito, Andrea Dovizioso, Takahiro Sumi, dan Lin Jarvis (c) Yamaha Motor Racing
Hiroshi Ito, Andrea Dovizioso, Takahiro Sumi, dan Lin Jarvis (c) Yamaha Motor Racing

Franco Morbidelli yang tahun ini membela Petronas Yamaha SRT, akhirnya mendadak diminta menggantikan posisi Vinales di Monster Energy Yamaha. Alhasil, slot kosong di Petronas SRT pun diberikan kepada Dovizioso. Tak hanya itu, pembalap 35 tahun ini juga akan membela skuad itu pada 2022 di bawah nama tim yang berbeda.

Meski membela tim satelit Yamaha, kontrak Dovizioso pun bersifat kontrak pabrikan. Artinya, kontraknya terikat langsung dengan YMR, dan gajinya akan dibayar oleh YMR. Pada sisa musim ini, 'Dovi' akan mengendarai YZR-M1 versi 2019, namun belum diketahui spek apa yang akan ia dapatkan pada 2022 nanti.

Ini bukanlah pertama kalinya Dovizioso membela Yamaha. Ia pernah membela pabrikan Garpu Tala lewat Monster Yamaha Tech 3 pada 2012, di mana ia sukses merebut enam podium sekaligus. Berikut pernyataan resmi Andrea Dovizioso, yang juga merupakan juara dunia GP125 2004.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Andrea Dovizioso

"Balapan dengan Yamaha selalu menjadi impian saya, dan itulah mengapa, ketika kesempatan ini datang, saya tak berpikir dua kali, meski saya tahu ini akan jadi tantangan yang berat bagi saya.

"Ada banyak hal di hadapan saya untuk dipelajari: motor baru, tim baru, dan sistem kerja yang baru pula. Sebuah tantangan besar memulai semuanya di Misano, GP kandang saya. Tapi ini membuat semuanya jadi lebih seru. Saya tak sabar mengendarai M1 saya!"

Sumber: Yamaha Motor Racing

KOMENTAR