Sadar Iannone Diincar Banyak Tim, Aprilia Tekad Pertahankan Kedua Rider

Anindhya Danartikanya | 24 April 2020, 10:40
Andrea Iannone (c) Aprilia Racing
Andrea Iannone (c) Aprilia Racing

Bola.net - Manajer Teknis Aprilia Racing, Romano Albesiano, menyadari bahwa beberapa tim menyatakan keinginan untuk menggaet Andrea Iannone. Namun, ia mengaku pihaknya bertekad mempertahankan The Maniac dan tandemnya, Aleix Espargaro, di MotoGP 2021 dan 2022. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya via GPOne.

Saat ini, Iannone menjalani 18 bulan larangan berkompetisi akibat dugaan pemakaian doping, namun Aprilia optimistis ia bisa bebas dari hukuman karena dinyatakan tak bersalah oleh Pengadilan Disiplin Internasional (FIM). Albesiano pun ingin ia bertahan, kembali bertandem dengan Espargaro yang telah membela Aprilia sejak 2017.

"Saya ingin melanjutkan kerja sama dengan para rider yang sudah kami punya. Mereka sungguh hebat. Aleix adalah bagian dari keluarga kami, Andrea baru bergabung dengan kami dan kami tak bisa menutupi bahwa tahun pertamanya tak sebaik dugaan. Tapi ia menunjukkan potensi besar dan saya suka kontinuitas," ujarnya.

1 dari 3 halaman

Iannone-Espargaro Kombinasi Tepat

Andrea Iannone, Bradley Smith, dan Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Andrea Iannone, Bradley Smith, dan Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Albesiano menyatakan bahwa kedua ridernya yang sama-sama berusia 30 tahun itu adalah kombinasi yang tepat untuk memimpin proses pengembangan motor RS-GP. Keduanya memiliki gaya balap dan sensitivitas berbeda saat berkendara, yang menurutnya justru bisa mempercepat peningkatan performa motor tersebut.

"Mereka rider fantastis. Ada banyak perbedaan di antara keduanya. Andrea kuat saat menikung, Aleix kuat di pengereman dan membuka gas lebih awal. Andrea mencari gaya balap yang lebih dikendalikan elektronik, sementara Aleix terbiasa mengendalikan gas secara langsung. Bisa saya katakan Aleix lebih fleksibel, sangat beradaptasi pada motor kami," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Tanggapi Ducati dan Pramac

Albesiano juga menanggapi komentar dua tim Ducati, yakni Ducati Team dan Pramac Racing, yang menyatakan kesediaan mereka untuk kembali menggaet Iannone di masa depan. Menurutnya, wajar saja jika tim lain menginginkan The Maniac, namun yakin bahwa rider Italia itu bakal lebih memilih bertahan di Aprilia.

"Saya yakin semua manajer tim menginginkan Andrea. Entah apa memang benar-benar ada keinginan nyata dari mereka untuk menggaetnya, tapi saya harap ia bertahan dengan kami dan saya yakin ia tak mau terus-terusan ganti motor. Pasti ia ingin bertahan dengan kami. Saya prihatin ia belum coba motor baru kami, karena saya yakin ia akan sangat menyukainya," pungkasnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR