BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Rossi: Quartararo Kuat Karena Tak Punya Pengalaman Negatif

13-09-2019 17:15 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, memberikan pujian dan menyatakan rasa salut kepada debutan Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, yang sukses menggebrak di MotoGP musim ini. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan Sky Sport di Misano, San Marino, Kamis (12/9/2019).

Mengendarai YZR-M1 ala kadarnya dan bukan spek pabrikan seperti milik Rossi, Quartararo tampil kompetitif dengan koleksi tiga pole dan tiga podium. Ia juga konsisten ikut bertarung di papan atas di setiap sesi latihan, kualifikasi, dan balapan. Rossi pun angkat topi atas talenta dan kecepatannya.

The Doctor juga meyakini bahwa performa Quartararo yang nyaris tanpa cela, dan hanya mengalami tiga kecelakaan, membuat semangat dan motivasi rider berusia 20 tahun itu tak pernah patah.

1 dari 2 halaman

Masih Ingin Lihat Hasil Musim Depan

Valentino Rossi dan Fabio Quartararo (c) MotoGP.com Valentino Rossi dan Fabio Quartararo (c) MotoGP.com

"Ia punya talenta yang luar biasa. Ia benar-benar menakjubkan. Ia adalah rival semua orang. Ketika mengendarai motor, ia tak memikirkan apa pun dan hanya melaju cepat. Ia tak punya sejarah dan pengalaman negatif, dan ini membantunya," ujar Rossi.

Performa gemilang Quartararo ini juga mulai memunculkan spekulasi bahwa Yamaha tengah bersiap meletakkannya di tim pabrikan jika Rossi memutuskan pensiun pada 2021 mendatang. Meski begitu, Rossi mengaku belum bisa memastikannya.

"Mari kita pikirkan cara menikmati sisa sepertiga musim ini, masih ada tujuh balapan tersisa. Hasil tahun depan bakal penting untuk memahami apakah saya masih punya kekuatan dan kecepatan untuk melanjutkan karier," ungkap rider Italia tersebut.

2 dari 2 halaman

Tak Pernah Depresi, Perlu Hidup Seimbang

Dalam wawancara yang sama, Rossi juga ditanya mengapa ia tak terlihat depresi meski tengah mengalami paceklik kemenangan sejak MotoGP Belanda 2017 lalu. "Ini soal karakter, kemudian kehidupan akan mengajarkan Anda tak perlu sedih ketika situasi tak berjalan baik, dan tak terlalu senang ketika situasi berjalan baik," tuturnya.

"Ini tak mudah, tapi Anda butuh keseimbangan. Contohnya di Misano saat ini, saya punya banyak pekerjaan, tapi di sisi lain senang bisa balapan di sini. Saya rasa tekanan yang ada tetap sama: dari Senin sampai Minggu, usia 20 atau 40. Tekanan memang tak membuat Anda nyaman, tapi semua menyenangkan. Itulah alasan mengapa saya ada di sini," pungkasnya.

Saat ini, Rossi tengah duduk di peringkat keenam pada klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 118 poin, hanya tertinggal dua poin dari sang tandem, Maverick Vinales, di peringkat kelima. Ia baru meraih dua podium, yakni berkat finis kedua di Argentina dan Austin.

Sumber: Sky Sport

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland