BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Rombak Susunan Pembalap, Ducati Rasakan Angin Segar Jelang MotoGP 2021

17-03-2021 13:40 | Anindhya Danartikanya

Line up pembalap Ducati di MotoGP 2021 (c) Twitter/Ducati Corse Line up pembalap Ducati di MotoGP 2021 (c) Twitter/Ducati Corse

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, menyatakan bahwa pihaknya merasakan angin segar usai nekat merombak susunan pembalap di ketiga tim mereka menjelang MotoGP 2021. Seperti diketahui, kini Ducati Lenovo Team, Pramac Racing, dan Esponsorama Racing punya line up pembalap yang benar-benar baru.

Ducati Lenovo Team kini menaungi Jack Miller dan Pecco Bagnaia. Pramac Racing dibela oleh Johann Zarco dan rider berstatus debutan Jorge Martin. Esponsorama Racing pun akan menurunkan juara dunia dan runner up Moto2 2020, Enea Bastianini dan Luca Marini. Dari enam rider ini, Zarco jadi rider tertua dengan usia 30 tahun.

Dengan para penggawa yang masih belia, Ducati pun merasakan angin segar dalam sistem kerja mereka. Suasana penuh semangat muda ini pun sudah terasa di uji coba pramusim di Qatar pada 6-12 Maret. Kepada MOW Magazine, Jumat (12/3/2021), Ciabatti pun mengaku pihaknya sangat senang.

1 dari 3 halaman

Atmosfer Penuh Antusiasme

Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti (c) Ducati Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti (c) Ducati

"Kami sangat senang. Ada atmosfer penuh antusiasme di garasi kami. Ada semangat tinggi untuk bekerja keras. Kami memperbarui seluruh line up dan para rider sedang berada di puncak motivasi mereka. Bagi Jack dan Pecco, ini pengalaman pertama mereka sebagai rider tim pabrikan. Jadi, mereka sangat bersemangat," ungkap Ciabatti.

"Johann sempat berada di ambang pensiun, tapi kini menemukan motor yang mirip dengan motor tim pabrikan. Kami juga punya tiga debutan, yakni Jorge Martin, Enea Bastianini, dan Luca Marini. Kedatangan mereka sangatlah menarik. Tak hanya itu, ketiganya punya karakter berbeda, namun mudah berbaur dengan timnya," lanjutnya.

Ciabatti juga mengaku senang para pembalap Ducati, terutama yang lebih senior dan berpengalaman, tampil sangat baik dalam uji coba pramusim. Ia juga berharap, meski para pembalapnya memiliki karakter yang berbeda-beda, kerja sama mereka berjalan sangat baik dalam waktu jangka panjang.

2 dari 3 halaman

Makin Semangat Rebut Gelar Dunia Lagi

Francesco Bagnaia dan Jack Miller (c) Ducati Corse Francesco Bagnaia dan Jack Miller (c) Ducati Corse

"Ada senyuman di wajah Jack. Ia sangat senang. Pecco lebih suka berpikir, tapi di trek ia juga sangat kuat. Johann juga punya keunikan sendiri. Saat rehat antara uji coba pertama dan kedua, semua orang bersantai di kolam renang, sementara ia main gitar. Begitulah Johann: seniman dalam kehidupan, dan pejuang di dalam trek," ujarnya.

Kini dengan line up baru, Ciabatti menegaskan target pihaknya tetap gelar dunia pembalap, terutama lewat Miller dan Bagnaia. Ciabatti tak memungkiri, sama seperti Ferrari di Formula 1, Ducati punya tekanan khusus dari publik Italia untuk kembali menjuarai MotoGP.

"Setiap tahun, kami turun lintasan dengan target gelar dunia. Tahun ini juga bukan perkecualian. Pada 2020, kami memang punya beberapa penyesalan karena tak bisa dengan baik memanfaatkan absennya Marc Marquez, yang selama ini jadi rival sengit kami dalam perebutan gelar. Atas ribuan alasan, tak memungkinkan," tutupnya.

Sumber: MOW Magazine

3 dari 3 halaman

Video: Ikut Jejak Ayah, Mick Schumacher Turun di Formula 1 2021

KOMENTAR