Road to MotoGP: FIM Moto3 Junior Resmi Diubah Jadi FIM JuniorGP Mulai 2022

Anindhya Danartikanya | 20 Januari 2022, 09:30
FIM Moto3 Junior World Championship (c) MotoGP.com
FIM Moto3 Junior World Championship (c) MotoGP.com

Bola.net - Dorna Sports selaku promotor MotoGP resmi mengubah nama kejuaraan FIM Moto3 Junior World Championship menjadi FIM JuniorGP World Championship mulai musim 2022. Demikian yang mereka umumkan lewat situs resmi kejuaraan pada Rabu (19/1/2022).


Tahun ini, kejuaraan yang berbasis di Spanyol tersebut akan memasuki tahun ke-25. Sebelumnya, kelas ini dinamakan CEV (Campeonato de Espana de Velocidad) 125cc, dan kemudian berubah menjadi FIM CEV Moto3 pada 2012.

Pada 2015, kelas ini berubah lagi menjadi FIM Moto3 Junior World Championship. Meski berbasis di Spanyol, ajang ini menjadi ajang internasional dan diikuti banyak pembalap dari berbagai negara di dunia. Sebanyak 80% rider Grand Prix bahkan pernah turun di ajang ini.

1 dari 2 halaman

Juga Diterapkan di Kelas Lainnya

Walau begitu, perubahan nama JuniorGP ini juga diterapkan pada kelas-kelas CEV lainnya, yakni European Talent Cup, Moto2 European Championship, dan juga Superstock. Seluruhnya tetap menjadi bagian dari program 'Road to MotoGP' yang diinisiasi oleh Dorna.

Pernyataan resmi Dorna Sports:

"Sebuah bab baru dimulai untuk jalan terbesar dan paling sukses di Road to MotoGP pada 2022. Moto3 Junior World Championship kini menjadi FIM JuniorGP World Championship, mengakui dan memosisikan diri sebagai ajang pembuktikan diri yang global bagi para pembalap muda.

"Kelas ini juga akan berbagi nama baru dan identitasnya dengan kelas lain secara keseluruhan. Hawkers European Talent Cup dan Moto2 European Championship, termasuk kategori Superstock, mempertahankan kesatuannya di bawah payung FIM Junior World Championship."

2 dari 2 halaman

Para Pembalap Ternama Lulusan FIM JuniorGP

Pecco Bagnaia, Fabio Quartararo, dan Marc Marquez (c) Ducati Corse

Spanyol: Angel Nieto, Jorge Martinez 'Aspar', Carlos Checa, Alvaro Bautista, Aleix Espargaro, Pol Espargaro, Marc Marquez, Stefan Bradl, Maverick Vinales, Alex Rins, Alex Marquez, Albert Arenas, Xavi Artigas, Izan Guevara, Joan Mir, Raul Fernandez, Pedro Acosta

Italia: Nicolo Bulega, Pecco Bagnaia, Lorenzo dalla Porta, Tony Arbolino, Dennis Foggia, Stefano Manzi, Celestino Vietti, Andrea Migno, Luca Marini, Lorenzo Baldassarri, Niccolo Antonelli, Romano Fenati

Jepang: Kaito Toba, Ayumu Sasaki, Ai Ogura, Yuki Kunii, Tatsuki Suzuki

Prancis: Fabio Quartararo, Alexis Masbou

Indonesia: Andi Farid Izdihar, Mario Aji

Turki: Deniz Oncu, Can Oncu

Australia: Jack Miller, Remy Gardner

Argentina: Gabriel Rodrigo

Afrika Selatan: Brad Binder

Sumber: FIM Junior GP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR