BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

RNF Racing Resmi Jadi Tim Satelit 'Baru' Yamaha di MotoGP 2022

21-10-2021 21:23 | Anindhya Danartikanya

Matteo Ballarin, Darryn Binder, Razlan Razali, Andrea Dovizioso, dan Lin Jarvis (c) MotoGP.com
Matteo Ballarin, Darryn Binder, Razlan Razali, Andrea Dovizioso, dan Lin Jarvis (c) MotoGP.com

Bola.net - Yamaha Motor Racing (YMR) dan RNF Racing resmi menjalin kerja sama untuk berlaga di MotoGP 2022. Dengan kontrak berdurasi setahun, RNF Racing pun akan menjadi tim satelit 'anyar' bagi Yamaha di kelas para raja. Hal ini diumumkan pada Kamis (21/10/2021) jelang Seri Emilia Romagna di Misano.

Saat ini, RNF Racing masih bernama Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT). Tim ini sudah turun di MotoGP sejak 2019, mengoleksi 15 podium, 6 kemenangan, dan 12 pole selama tiga musim, yang semuanya diraih lewat Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Mereka bahkan sukses jadi runner up 2020 lewat Morbidelli.

Bubarnya SRT memang cukup mengejutkan. Pasalnya, akibat pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi yang melanda dunia, Petronas memutuskan mundur dari perannya sebagai sponsor utama, begitu pula Sepang International Circuit (SIC) yang memutuskan mundur dari peran mereka sebagai pemilik tim.

1 dari 2 halaman

Turunkan Andrea Dovizioso dan Darryn Binder

Darryn Binder dan Lin Jarvis (c) Yamaha Motor Racing
Darryn Binder dan Lin Jarvis (c) Yamaha Motor Racing

Sang team principal, Razlan Razali, pun bergerak cepat dan memutuskan mengambil alih status kepemilikan tim tersebut, dan menamainya RNF Racing. RNF pun sudah menandatangani kontrak baru dengan Dorna Sports untuk tetap berlaga di MotoGP sampai 2026 mendatang.

Kini perpanjangan kontrak dengan Yamaha juga sudah ditandatangani, dan sekali lagi mereka akan bekerja sama di MotoGP 2022. Meski kontraknya hanya berdurasi setahun, kedua belah pihak menyepakati opsi lanjutan kerja sama untuk musim 2023 dan 2024 mendatang.

Musim depan, skuad ini akan kembali menaungi tiga kali runner up MotoGP sekaligus juara dunia GP125 2004, Andrea Dovizioso. Rider Italia tersebut ditandemkan dengan Darryn Binder, yang akan melompat langsung dari Moto3 ke MotoGP, mengikuti jejak Jack Miller pada 2015.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Razlan Razali

Razlan Razali dan Lin Jarvis (c) Yamaha Motor Racing
Razlan Razali dan Lin Jarvis (c) Yamaha Motor Racing

"Hari ini kami menggores catatan bersejarah untuk RNF MotoGP Team. Saya ingin berterima kasih kepada Yamaha atas kepercayaan yang mereka berikan kepada saya dan tim untuk musim yang akan datang meski ada perubahan yang terjadi tahun ini.

"Prestasi yang kami raih bersama dalam tiga tahun pertama dalam kerja sama kami, dengan kemenangan, podium, pole, dan berbagai penghargaan, sangatlah tak terlupakan dan ini memotivasi kami menuju level yang lebih tinggi.

"Kami sudah mendapatkan pengalaman dari kesuksesan masa lampau, didukung oleh kru yang sama kuatnya dan sama bersemangatnya dari garasi MotoGP, ditambah line up pembalap yang solid. Jadi, kami siap menyambut aksi kompetitif bersama Yamaha pada musim 2022."

Sumber: Yamaha Motor Racing

KOMENTAR