BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Rio Ingin Kembali ke F1, Pemerintah: Cari Sponsor yang Banyak

19-09-2016 23:30 |

Rio Haryanto (c) Fitri Apriani Rio Haryanto (c) Fitri Apriani

Bola.netBola.net - Peluang Rio Haryanto tampil di Formula 1 (F1) kembali terbuka. Namun, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mempersilakan Rio mencari sponsor yang banyak untuk bisa menunjang karirnya di ajang balapan jet darat ini.


Sebelumnya, manajemen Rio tengah mencari sponsor untuk membawa Rio kembali melaju di ajang balapan jet darat tersebut. Menpora pun mendukung Rio untuk kembali membalap, namun pihak manajemen harus berupaya mandiri dalam mencari sponsor.

"Manfaatkan sponsor sebesar-besarnya. Dengan BUMN silahkan pihak manajemen Rio menjelaskan dengan detail kepada sponsor, apa itu Formula 1 dan keuntungannya mensponsori, kami dukung,” ujar Menpora di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (19/9).

Seperti diketahui, Rio harus rela tak dapat lagi berlaga di sisa musim ajang F1 2016 setelah Manor Racing Team (MRT) memutus kontraknya. Pemutusan kontrak tersebut karena pembalap asal Solo itu tidak dapat memenuhi kewajiban yang tertuang dalam kontraknya.

Dalam kontrak tersebut, tertulis bahwa Rio harus membayar 15 juta euro agar bisa  mengikuti balapan selama satu musim penuh. Namun pada prosesnya, hingga 12 seri, manajemen Rio baru membayar setengahnya atau 8 juta euro dari kesepakatan awal.

Sehingga akhirnya MRT mendepak Rio sebagai pembalap utama. Sebagai gantinya, tim asal Inggris itu merekrut pembalap akademi Mercedes sekaligus pembalap cadangan Renault, Esteban Ocon.  

KOMENTAR