Rider MotoE Protes Uji Coba Jerez Tetap Digelar

Anindhya Danartikanya | 12 Maret 2020, 11:27
Pebalap Octo Pramac, Alex de Angelis (c) Pramac Racing
Pebalap Octo Pramac, Alex de Angelis (c) Pramac Racing

Bola.net - Pebalap Octo Pramac, Alex de Angelis, merilis pernyataan berisi kekecewaan karena FIM dan Dorna Sports tetap menggelar uji coba pramusim MotoE di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 10-12 Maret, meski wabah virus corona (Covid-19) terus merebak.


Pada Senin (9/3/2020), Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, meluncurkan dekrit dekrit soal karantina di seluruh penjuru negara mulai 9 Maret sampai 3 April, mengingat Italia merupakan salah satu negara yang merekam kasus Covid-19 tertinggi di dunia.

Ketika gelaran-gelaran balap lainnya, termasuk MotoGP, dibatalkan dan ditunda, uji coba pramusim MotoE justru tetap digelar di Jerez sesuai rencana. Hanya SIC58 Squadra Corse yang memilih absen dan bertahan di Italia untuk menaati dekrit pemerintah.

1 dari 2 halaman

Peserta Italia Hadir Kecuali SIC58

Dalam uji coba ini, terdapat tiga tim Italia yang tetap turut serta, yakni Trentino Gresini, LCR E-Team, dan Octo Pramac. Selain itu ada empat pebalap Italia, yang turun lintasan, yakni Matteo Ferrari, Niccolo Canepa, Tommaso Marcon, dan Alessandro Zaccone, serta satu rider San Marino, yakni de Angelis sendiri.

Pada hari pertama uji coba pramusim MotoE di Jerez, Selasa (10/3/2020), de Angelis mencatatkan waktu tercepat keenam, sementara pada hari kedua, Rabu (11/3/2020), eks rider MotoGP dan Moto2 ini menduduki posisi tercepat ketiga.

Berikut pernyataan de Angelis yang ia unggah lewat laman Facebook-nya.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Alex de Angelis

"Saya rasa tidak adil mereka memutuskan untuk menggelar uji coba MotoE di Jerez. Benar-benar tak ada rasa hormat untuk semua orang Italia yang ada di sini untuk bekerja tapi sejatinya ingin pulang demi bersama keluarga mereka.

"Memang benar bahwa tak ada yang memaksa kami untuk bertahan di sini (bahkan @pramacmotoe bertekad membelikan kami tiket pesawat jika ingin pulang segera), tapi promotor tak adil dengan mengumpulkan tim-tim dan rider-rider dari negara lain untuk menggelar uji coba ini seolah masalah ini enteng dan tak bisa berkembang luas.

"Ini adalah opini pribadi saya."

Uji coba pramusim kedua MotoE rencananya juga bakal digelar di Jerez pada 8-10 April mendatang, sementara seri pembukanya digelar di Jerez juga pada 1-3 Mei mendatang.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR