BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ricciardo Sebut MotoGP Bakal Kembali Masalahkan Silverstone

14-07-2019 18:45 | Anindhya Danartikanya

Daniel Ricciardo yakin MotoGP permasalahkan aspal Silverstone (c) AP Photo Daniel Ricciardo yakin MotoGP permasalahkan aspal Silverstone (c) AP Photo

Bola.net - Pebalap Renault F1 Team, Daniel Ricciardo, meyakini bahwa para pebalap MotoGP akan kembali mempermasalahkan aspal Sirkuit Silverstone, yang ia rasakan masih cukup bergeronjal meski baru saja diaspal ulang. Hal ini ia nyatakan kepada Crash.net, di sela pekan balap Formula 1 GP Inggris pada Sabtu (13/7).

Tahun lalu, balapan Moto3, Moto2, dan MotoGP dibatalkan akibat trek Silverstone yang dinilai membahayakan dalam kondisi hujan, tak bisa menyerap air dengan baik, serta sangat bergeronjal. Atas alasan ini Silverstone melakukan pengaspalan ulang di bawah pengamatan perusahaan desain sirkuit ternama, Dromo.

Pengelola Silverstone berjanji aspal baru ini tiga kali lebih tahan lama dan 10 kali lebih kuat, dan F1 pun jadi ajang balap pertama yang menjajal aspal baru ini. Riccardo menyebut aspal baru memberikan banyak grip, namun masih punya bagian bergeronjal masih ada, yang ia yakini takkan disukai para rider MotoGP.

"Trek ini masih sangat bergeronjal di beberapa area. Saya rasa rider-rider MotoGP takkan suka Tikungan 6. Mereka bakal mempermasalahkannya, tapi bagi kami oke-oke saja. Sisanya cukup baik. Aspal barunya cukup bagus, memberikan grip cukup banyak. Awalnya licin dan berminyak, namun akhirnya tidak juga. Jadi kondisinya akan membaik sepanjang pekan balap," ujar Ricciardo.

1 dari 1 halaman

Opini Duet Pebalap Mercedes

Pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo Pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Duet pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, juga memuji pengerjaan aspal baru Silverstone. Meski begitu, mereka berbeda kekhawatiran soal bagian bergeronjal di treknya. Hamilton mengaku dirinya tak terlalu cemas meski mengeluhkan Tikungan 7.

"Aspal barunya lebih baik di trek lurus, terutama antara Tikungan 4 dan 6, di mana tadinya sangat buruk. Bagian akhir Tikungan 7 masih bergeronjal sampai Copse, tapi setelahnya menyenangkan dan halus di Maggots dan Becketts, begitu juga di trek lurus Hanger," ungkapnya.

Di sisi lain, Bottas menyatakan bahwa geronjalan ini berpeluang bikin kendaraan kehilangan grip secara tiba-tiba. "Trek ini tak lagi terlalu bergeronjal seperti tahun lalu, dan ini bagus. Mereka bekerja dengan baik pada aspalnya dan rasanya menyenangkan dikendarai. Aspal barunya cukup banyak grip, tapi kadang bisa hilang secara tiba-tiba," pungkasnya.

MotoGP Inggris akan digelar di Silverstone pada 23-25 Agustus mendatang, dan baru-baru ini mencapai kesepakatan untuk tetap menggelar balapan tersebut setidaknya sampai 2021. Awal pekan ini, Silverstone juga mengonfirmasi akan tetap menggelar F1 sampai 2024 mendatang.

Para Bek Premier League yang Berbahaya pada Pekan Pertama

KOMENTAR