BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Repsol Honda: Pemulihan Marc Marquez Lebih Lamban dari Ekspektasi

27-11-2020 12:15 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, menyatakan proses pemulihan cedera patah tulang humerus atau tulang lengan atas kanan yang dialami Marc Marquez memang lebih lamban dari dugaan, baik dugaan Marquez sendiri, maupun Honda. Demikian yang dilansir Autosport, Kamis (26/11/2020).

Seperti diketahui, Marquez mengalami kecelakaan hebat dalam MotoGP Spanyol di Jerez pada 19 Juli lalu, yang menyebabkan patah tulang humerus kanannya. Dua hari usai insiden, Marquez pun menjalani operasi di Barcelona untuk menanamkan satu plat titanium dan 12 sekrup.

Dua hari setelah operasi, Marquez kembali ke Jerez untuk mencoba turun di MotoGP Andalusia. Namun, usai coba turun di di sesi FP3, lengannya membengkak dan memar hingga ia memutuskan mundur dan fokus mencari kans kembali di Brno, Ceko. Sayangnya, drama Marquez tak berhenti di situ.

1 dari 3 halaman

Sudah Sesuai Program dengan Tim Dokter

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) MotoGP.com Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) MotoGP.com

Pada 3 Agustus, jelang MotoGP Ceko, Marquez secara menggemparkan harus menjalani operasi kedua usai plat titaniumnya patah akibat mencoba membuka jendela besar di rumahnya saat hendak mengajak kedua anjingnya jalan-jalan. Sejak itu, proses pemulihannya sangat rumit dan butuh waktu lama.

Marquez beberapa kali sempat dikabarkan akan kembali balapan pada beberapa seri. Namun, menjelang MotoGP Valencia pada 15 November lalu, delapan kali juara dunia ini mengumumkan takkan kembali sampai musim berakhir dan akan fokus pada pemulihan demi kembali dengan kondisi lebih bugar pada 2021.

"Saya tak bisa mengatakan sesuatu yang tak saya ketahui, karena pertama, saya bukan dokter, dan kedua, saya tak punya bola kristal," ungkap Puig di Portimao, Portugal, akhir pekan lalu. "Tapi yang sudah kami jelaskan adalah program yang kami putuskan bersama para dokter. Kami berharap semua baik-baik- saja."

2 dari 3 halaman

Tak Bisa Sembuh Tepat Waktu Seperti yang Dimau

Sejak September, saat MotoGP menyambangi Misano, Marquez digosipkan akan menjalani operasi ketiga. Kala itu, Puig membantah. Namun, kini rumor itu kembali menyeruak. Pada Rabu (25/11/2020), El Pais mengabarkan bahwa pada 1 Desember nanti, Marquez akan ambil keputusan apakah ia mau menjalani operasi itu atau tidak.

"Sudah jelas bahwa ini memang proses yang lebih lamban dari yang kami duga, dan tentunya lebih lamban dari yang kami mau. Tapi situasinya memang seperti ini. Tak semua situasi bisa berjalan sesuai kemauan Anda dan tak semua cedera bisa sembuh tepat waktu seperti yang Anda inginkan," tutur Puig.

"Kami selalu berharap Marc bisa kembali bergabung musim ini. Itulah alasan mengapa kami tak langsung bilang, 'Oke, sampai jumpa musim depan'. Kami terus berusaha, tapi pada akhirnya memang tak ada waktu tersisa. Kami harap, beberapa pekan atau bulan lagi kami bisa bilang Marc sudah kembali bugar," pungkas Puig.

Sumber: Autosport

3 dari 3 halaman

Video: Miguel Oliveira Menangi MotoGP Portugal 2020

KOMENTAR