Red Bull Tekad Stop Sponsori KTM Tech 3 di MotoGP 2021

Anindhya Danartikanya | 23 September 2020, 17:56
Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) Twitter/Red Bull KTM Tech 3
Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) Twitter/Red Bull KTM Tech 3

Bola.net - Kabar tak mengenakkan datang dari Red Bull KTM Tech 3 yang baru-baru ini sukses besar meraih kemenangan perdananya di MotoGP lewat Miguel Oliveira di Seri Styria. Menurut Speedweek, Rabu (23/9/2020), Red Bull bertekad berhenti mensponsori dan memberikan dukungan finansial untuk tim asal Prancis tersebut.


Sama-sama berasal dari Austria, Red Bull dan KTM diketahui setia berdampingan di berbagai kejuaraan balap dunia, termasuk Moto3 dan Moto2, dan bahkan menjalin kerja sama di MotoGP sejak 2017. Mulai 2019, Red Bull juga ikut mensponsori Tech 3 Racing yang banting setir menjadi tim satelit KTM usai meninggalkan Yamaha.

Pada 2020, Tech 3 pun tak lagi disponsori oleh Red Bull Energy Drink, melainkan disponsori Red Bull Organics, dan hal ini memaksa Tech 3 sedikit mengubah corak motornya. Meski menjalani musim 2020 dengan performa kompetitif, sayangnya Tech 3 harus kehilangan dukungan sepenuhnya dari Red Bull mulai 2021.

1 dari 3 halaman

Kunci Penting Kesetaraan Dukungan Teknis di KTM

Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) KTM/Polarity Photo

Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) KTM/Polarity Photo

Ironisnya, keputusan Red Bull menghentikan kerja sama dengan Tech 3 diambil tepat sebelum Oliveira menang di Styria. Sang bos tim, Herve Poncharal, tak mau berkomentar banyak, namun mensinyalir bahwa KTM akan membantu mencari solusi. "Saya tak terlibat dalam negosiasi ini. Semuanya dijalankan oleh KTM," ujarnya.

Pada 2019, yakni awal periode bergabungnya Tech 3, Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, sudah menegaskan bahwa dukungan Red Bull sangatlah penting bagi tim Poncharal. "Dengan cara ini kami bisa buktikan bahwa Herve tak menjalankan timnya dengan cara lama," ujar eks juara dunia motocross ini.

"Herve tak harus mengumpulkan 25 sponsor sekaligus. Berkat Red Bull, kami bisa buktikan bahwa Tech 3 dapat materi yang setara dan kami berkompetisi dengan empat rider pabrikan. Kami tak mau tim satelit kami benar-benar jadi 'tim satelit," lanjut pria asal Jerman ini.

2 dari 3 halaman

Gelontorkan Banyak Uang untuk MotoGP, Moto2, dan Moto3

Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona (c) KTM/Tech 3

Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona (c) KTM/Tech 3

Berkat kerja sama yang erat dan bersejarah antara Red Bull dan KTM, sejak 2003 telah tercatat 122 gelar dunia pembalap mereka raih bersama di berbagai disiplin balap motor. Tahun lalu, CEO KTM, Stefan Pierer, juga menyatakan Red Bull menyumbang 10 dari 30 juta euro yang dibutuhkan KTM untuk menjalankan proyek MotoGP.

Jumlah itu pun belum termasuk proyek Moto3, di mana KTM menyuplai mesin kepada delapan tim dan 15 pembalap. Di kelas Moto2, KTM tak lagi menjadi suplier sasis, namun bekerja sama dengan Ajo Motorsport (Red Bull KTM Ajo) untuk pengembangan talenta muda.

Di lain sisi, Red Bull juga menjadi co-sponsor untuk Repsol Honda di MotoGP, begitu juga menjadi sponsor pribadi Andrea Dovizioso, Takaaki Nakagami, Jack Miller, Johann Zarco, Fabio di Giannantonio, Hafizh Syahrin, Filip Salac, Tony Arbolino, dan Carlos Tatay.

Sumber: Speedweek

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR