BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Rasa Pede Melonjak, Marc Marquez Sebut Takkan Ada Kendala Fisik di Sachsenring

18-06-2021 08:49 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Mengingat Sachsenring adalah trek favorit dan daerah kekuasaannya, Marc Marquez mengalami lonjakan rasa percaya diri di MotoGP Jerman. Terdiri dari 10 tikungan kiri dan tiga tikungan kanan, rider Repsol Honda ini pun mengaku via Crash.net, Kamis (17/6/2021), bahwa trek ini takkan memberinya kendala fisik serius.

Seperti yang diketahui, Marquez sangat menyukai tikungan kiri karena suka latihan di flat track oval ke arah kiri. Alhasil, Sachsenring menjadi trek ideal, karena tikungan kirinya jauh lebih banyak dari tikungan kanannya. Hal ini pun terbukti dari catatan mentereng yang ia punya di trek ini: 10 pole dan 10 kemenangan beruntun.

Sachsenring juga menghadirkan keuntungan tersendiri. Pasalnya, bahu dan lengan Marquez yang cedera terdapat di sisi kanan. Dengan begitu, delapan kali juara dunia ini takkan punya banyak kendala karena bakal lebih sering melaju ke arah kiri. Atas alasan inilah Marquez sangat optimistis bisa meraih hasil baik akhir pekan ini.

1 dari 3 halaman

Perubahan Takkan Terjadi dalam Sekejap

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

"Akhir pekan ini akan jadi pekan balap di mana bahu dan lengan saya lebih baik. Saya harap takkan ada halangan, karena ada banyak tikungan kiri. Di sini hanya ada tiga tikungan kanan, yakni tempat yang membatasi diri saya dan di mana saya tampil buruk. Jadi, kami bisa bilang ini pekan balap pertama tanpa kendala fisik," tutur Marquez.

Meski begitu, ia ogah jemawa dan yakin kemenangan atau podium takkan bisa diraih dalam jentikan jari. "Jelas Anda tak bisa datang dan tahu-tahu mengubah situasi. Tapi soal fisik, saya lebih percaya diri daripada saat mengunjungi trek lain. Kita lihat saja nanti di trek mana tepatnya kami bisa tiba dengan kendala fisik lebih sedikit," ujarnya.

Hal lain yang membuat Marquez merasa percaya diri soal kondisi fisiknya di Sachsenring adalah fakta dirinya bisa menjalani 87 lap sekaligus dalam keadaan tidak bugar dalam uji coba pascabalap di Catalunya pekan lalu. Itu pertama kalinya Marquez mengendarai motor MotoGP seharian penuh dan ia pun merasa senang.

2 dari 3 halaman

Tanpa Kamera dan Tanpa Tekanan

"Uji coba di Barcelona sangat penting. Penting bagi Honda, juga bagi saya. Itu pertama kali saya bisa berkendara tanpa kamera, tanpa tekanan, tanpa tergantung catatan waktu. Saya hanya berkendara. Memang saja menjajal banyak perangkat untuk Honda, tapi saya juga menjajal banyak hal untuk diri sendiri, dan rasanya oke," ujarnya.

"Memang benar pada dua hari berikutnya saya benar-benar loyo, namun saya mampu mengalami kemajuan. Pada Jumat, saya bisa latihan flat track dengan baik. Jadi, secara bertahap tubuh saya makin siap. Namun, hal yang paling penting adalah uji coba di Montmelo, saya bahagia setelah hai Senin," pungkas rider berusia 28 tahun ini.

Dari lima balapan yang sudah ia lakoni pada awal musim ini, Marquez mengalami tiga kali gagal finis beruntun di Le Mans, Mugello, dan Catalunya. Hasil terbaiknya adalah finis ketujuh di Portimao. Saat ini ia tengah duduk di peringkat 18 pada klasemen pembalap dengan 16 poin, satu poin di depan Valentino Rossi.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Momen-Momen Menarik di MotoGP Catalunya 2021

KOMENTAR