BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ramon Forcada Minta Franco Morbidelli-Valentino Rossi Tak Saling Bantu

02-11-2020 17:40 | Anindhya Danartikanya

Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) Twitter/SepangRacingTeam Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) Twitter/SepangRacingTeam

Bola.net - Sebagai salah satu crew chief paling berpengalaman di MotoGP, Ramon Forcada yakin lebih baik Franco Morbidelli dan Valentino Rossi tak saling bantu dalam meraih hasil baik saat bertandem di Petronas Yamaha SRT pada 2021, meski keduanya bersahabat erat. Hal ini disampaikan Forcada via Motorsport.com, Rabu (28/10/2020).

Forcada merupakan tokoh MotoGP yang telah menjalani lebih dari 500 Grand Prix, dan pernah memenangi balapan kelas para raja bersama Alex Barros, Carlos Checa, Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, dan terakhir dengan Morbidelli di Seri San Marino dan Teruel. Bersama Lorenzo, Forcada bahkan sukses meraih tiga gelar dunia MotoGP.

Saat bekerja dengan Lorenzo, Forcada melihat dengan mata kepalanya sendiri betapa buruk hubungan Lorenzo dan Rossi di Yamaha Factory Racing, terutama pada tiga tahun pertama mereka bertandem. Atmosfer tak harmonis ini tak diinginkan siapa pun, namun Forcada juga yakin rivalitas ini membuat keduanya perkasa.

1 dari 3 halaman

Tak Seperti Hubungan Rossi dan Lorenzo

Valentino Rossi dan Franco Morbidelli (c) VR46 Valentino Rossi dan Franco Morbidelli (c) VR46

Forcada bukannya ingin Morbidelli dan Rossi berhenti bersahabat, namun meminta keduanya untuk memahami perbedaan 'sahabat' dan 'rival' ketika di lintasan. Selama mereka tak saling bantu dan justru bersaing secara sehat di trek, Forcada yakin keduanya bisa sama-sama meraih hasil baik di MotoGP musim depan.

"Hubungan Franco dengan Vale tak seperti hubungan Vale dengan Jorge, apalagi pada tahun-tahun pertama mereka bertandem. Hubungan Jorge dan Vale memang menciptakan ketegangan. Tapi keinginan tim kami adalah menjaga mempertahankan atmosfer yang harmonis dan kinerja kami sejauh ini yang sangat baik," ujarnya.

Pria asal Spanyol ini pun tak memungkiri bahwa dirinya juga penasaran melihat cara Morbidelli dan Rossi menjaga persahabatan mereka sekaligus bersaing di lintasan, apalagi Rossi lah yang membantu Morbidelli menapaki karier gemilang di MotoGP.

2 dari 3 halaman

Yang Penting Berjuang Sendiri-Sendiri

"Situasi ini bikin saya penasaran. Vale adalah mentor Franco dan Franco sangat berutang budi padanya. Mereka punya hubungan yang sangat baik. Tapi saya rasa ada satu hal yang sangat jelas: mereka bersahabat di luar trek, dan tidak di dalam trek," ungkap Forcada.

"Yang terpenting bagi saya adalah mereka tak tergoda untuk saling bantu. Menurut pengalaman saya, ini justru bisa jadi bencana. Saya rasa, memang bagus jika kedua pembalap punya hubungan baik, selama mereka paham harus berjuang sendiri-sendiri di trek," pungkasnya.

Morbidelli dan pembalap lain akan kembali berjumpa dalam MotoGP Eropa yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada 6-8 November nanti. Rossi sendiri masih harus menunggu hasil tes PCR terkini, jika ia dinyatakan negatif Covid-19, ia bisa ikut turun lintasan.

Sumber: Motorsportcom

3 dari 3 halaman

Video: Franco Morbidelli Menangi MotoGP Teruel, Duet Suzuki Naik Podium Lagi

KOMENTAR