BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Raih 100 Kemenangan, Lewis Hamilton Puji Lando Norris dan McLaren

27-09-2021 09:40 | Anindhya Danartikanya

Lewis Hamilton dan Lando Norris (c) AP Photo
Lewis Hamilton dan Lando Norris (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, sukses menggores sejarah baru dengan meraih kemenangan ke-100 usai menguasai Formula 1 GP Rusia di Sirkuit Sochi, Minggu (26/9/2021). Dalam balapan yang diwarnai drama hujan deras itu, Hamilton membekuk Max Verstappen dan Carlos Sainz jr.

Pole sitter dari McLaren F1 Team, Lando Norris, memimpin nyaris sepanjang balapan, sementara Hamilton membuntuti di posisi kedua. Namun, drama terjadi saat hujan mengguyur pada beberapa lap terakhir. Norris dan Hamilton tadinya ragu untuk melakukan pit stop demi ganti ke ban intermediate.

Namun, Mercedes memperingatkan Hamilton bahwa hujan berpotensi turun makin deras hingga tak memungkinkan tetap pakai ban kering. Sang tujuh kali juara dunia itu akhirnya melakukan pit stop, sementara Norris nekat tetap pakai ban kering. Sayangnya, keputusan Norris ini tak berbuah manis.

1 dari 2 halaman

Pahit-Manis Lihat McLaren Kembali Tangguh

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo
Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Norris bahkan sempat keluar trek, sebelum akhirnya pit stop ketika balapan menyisakan tiga lap. Pembalap berusia 21 tahun itu pun akhirnya harus puas finis ketujuh, meski sukses mencatat lap tercepat hingga mendapatkan satu poin tambahan. Hamilton sendiri melenggang meraih kemenangannya yang ke-100.

Hamilton pun memuji kinerja Norris, begitu juga McLaren, yakni tim yang ia bela pada 2007-2012. Ia mengaku angkat topi atas usaha keras mereka dalam balapan ini. "Lando melakukan pekerjaan yang menakjubkan. Ia punya ritme balap yang mengagumkan. Ia bekerja sangat baik untuk McLaren," ujarnya via Crash.net.

"Rasanya pahit-manis melihat tim lama saya di depan, mereka bekerja sangat baik, menang pada balapan sebelumnya, bekerja fantastis, jelas ditenagai Mercedes. Menyenangkan melihat mereka kembali solid. Tapi sudah jelas tim saya mengambil keputusan tepat. Tentu saya tak mau membiarkan Lando pergi," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Sebut Max Verstappen dapat Hasil 'Impian'

Di lain sisi, pembalap berusia 36 tahun ini mengaku ragu bisa menang andai hujan tak turun. Menurutnya, ritme balap Norris terlalu tangguh untuk disamai dalam kondisi kering. Ia juga tak lupa memuji Verstappen, yang sukses finis kedua usai start terbuncit, alias posisi 20.

"Bakal sulit menyalip Lando (andai kondisinya kering). Ia punya ritme yang baik, mendapatkan lap tercepat. Jadi, bakal sulit menyalipnya kecuali kami terhalang pembalap lain atau jika ia melakukan kesalahan, yakni hal yang justru sama sekali tak ia lakukan," ungkap Hamilton.

"Hujan pun turun dan ini adalah kans besar, dan tim kami melakukan pekerjaan menakjubkan. Jadi, terima kasih pada mereka. Tak ada yang bisa saya lakukan tanpa dukungan dari orang-orang ini. Hasil ini tentu impian bagi Max, namun saya bersyukur dapat poin ini," tutupnya.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR