BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Rafael Nadal, Panutan Joan Mir demi Tetap Merendah di MotoGP

01-12-2020 08:55 | Anindhya Danartikanya

Joan Mir dan Rafael Nadal (c) AP Photo Joan Mir dan Rafael Nadal (c) AP Photo

Bola.net - MotoGP 2020 menjadi musim di mana Joan Mir mendapatkan sorotan paling terang dibanding musim-musim sebelumnya. Orang kini jadi tahu bahwa sang juara dunia memiliki sifat dan sikap yang rendah hati. Kepada Diario AS, Senin (30/11/2020), Mir pun mengaku hal ini ia pelajari dari petenis dunia, Rafael Nadal.

Sifat rendah hati Mir terbukti dari pernyataannya jelang mengunci gelar dunia di Valencia, pada 15 November lalu. Ia menyatakan, berhasil atau tidaknya ia jadi juara tidaklah penting, karena ia cukup bersyukur bisa tetap balapan ketika banyak orang justru kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19.

Usai sukses merebut gelar juara MotoGP, Mir bahkan ogah melakukan selebrasi yang eksplosif, mengingat 2020 adalah masa-masa memprihatinkan bagi dunia. Rider Suzuki Ecstar ini bahkan mengaku hanya merayakannya dengan makan malam bersama keluarga dekat dan timnya.

1 dari 3 halaman

Kagumi Kerendahan Hati Rafael Nadal

Petenis Spanyol, Rafael Nadal (c) AP Photo Petenis Spanyol, Rafael Nadal (c) AP Photo

Mir, yang kini berusia 23 tahun, memang dikenal sangat mengidolakan Nadal sejak masih anak-anak. Uniknya, Nadal juga berasal dari Palma de Mallorca, Spanyol, seperti Mir. Menurutnya, Nadal adalah bukti bahwa seorang atlet bisa sukses dengan sifat rendah hati, tanpa harus bersikap arogan di arena persaingan.

"Saya sangat mengagumi Rafael Nadal, karena ia kompatriot saya. Namun, saya juga kagum padanya berkat kerendahan hati yang ia ekspresikan, dan sikap ini menyentuh banyak orang. Saya rasa ia bekerja dengan sangat baik dan punya citra yang baik pula. Saya sangat menyukainya," ujar Mir, yang juga dapat ucapan selamat dari Nadal usai menjuarai MotoGP.

Juara dunia Moto3 2017 ini juga mengaku, seperti kebanyakan rider MotoGP asal Spanyol, sangat mengidolakan pebasket NBA, Pau Gasol. Gasol sendiri diketahui sebagai penggemar berat MotoGP, punya hubungan baik dengan semua ridernya, dan kerap nonton langsung di sirkuit.

2 dari 3 halaman

Pau Gasol dan Valentino Rossi

Joan Mir dan Valentino Rossi (c) Twitter/MotoGP Joan Mir dan Valentino Rossi (c) Twitter/MotoGP

"Saya juga sangat suka Pau Gasol, berkat caranya bersikap. Saya sangat memperhatikan atlet-atlet berlevel tinggi, karena mereka adalah orang-orang yang lebih berpengalaman ketimbang saya, dan saya ingin belajar dari mereka," ungkap Mir.

Di dalam lintasan, bukan rahasia lagi bahwa Mir paling mengidolakan Valentino Rossi. Ia pun mengaku sangat senang ketika Rossi menemuinya secara pribadi usai balapan di Valencia demi memberinya selamat usai mengunci gelar.

"Vale memberikan selamat kepada saya secara pribadi, dan saya bisa katakan bahwa momen itu sungguh keren. Ia menemui saya di paddock Sirkuit Valencia. Ia mengucapkan selamat kepada saya, ia bilang saya layak mendapatkannya dan saya melakukan kerja yang baik," tutupnya.

Sumber: Diario AS

3 dari 3 halaman

Video: Aron Canet Lolos dari Maut Saat Terjatuh di Moto2 Portugal 2020

KOMENTAR