BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Quartararo-Vinales, Hasil Pencarian Pengganti Rossi Sejak 2005

04-08-2020 14:12 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi, Fabio Quartararo, dan Maverick Vinales (c) SRT Valentino Rossi, Fabio Quartararo, dan Maverick Vinales (c) SRT

Bola.net - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, mengakui bahwa mencari pengganti pembalap MotoGP sekaliber Valentino Rossi bukanlah tugas mudah. Padahal Yamaha telah melakukan misi ini sejak 2005, saat Rossi punya peluang pindah ke Formula 1 pada 2007.

Hal ini disampaikan Jarvis dalam wawancaranya dengan MotoGP.com pada Senin (3/8/2020). Rossi memang diketahui sebagai sosok krusial yang membantu Yamaha kembali berjaya di ajang Grand Prix. Kedatangannya pada 2004 langsung membuat mereka meraih gelar dunia kelas tertinggi pertama kali sejak 1992 lewat Wayne Rainey.

Sampai saat ini, Rossi menjadi ikon utama Yamaha, namun Jarvis sadar cepat atau lambat pihaknya harus mencari penerus. Pada 2005, usai Rossi meraih gelar dunia kedua bersama Yamaha, ia menjalani uji coba berkali-kali dengan Scuderia Ferrari dengan tawaran turun di F1 pada 2007, dan ini mendorong Yamaha mencari langkah antisipasi.

1 dari 3 halaman

Sudah Cari Pengganti Rossi Sejak 2005

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP

Atas alasan inilah, Jarvis mendekati Jorge Lorenzo pada awal 2006, bahkan saat rider Spanyol itu belum meraih gelar dunia GP250. Lorenzo pun akhirnya bergabung dengan Yamaha pada 2008, yakni setelah Rossi membatalkan niatan pindah ke F1 dan memilih bertahan di MotoGP bersama Yamaha.

"Kami telah mencari pengganti Vale sejak 2005, karena kala itu, usai dua tahun bersama Yamaha, ada peluang besar baginya untuk meninggalkan kami demi pindah ke Formula 1. Atas alasan itu, kami mendekati Jorge, yang akhirnya sukses meraih tiga gelar untuk kami," ujar Jarvis.

"Itu adalah pertama kalinya kami memikirkan pengganti yang memungkinkan untuk Vale, tapi nyatanya ia justru bertahan dan melanjutkan karier. Ia bahkan sengit memperebutkan gelar dunia pada 2015 bersama Jorge," lanjut pria asal Inggris ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Punya Rider Pengganti yang Tepat

Kini, Lorenzo justru telah pensiun dan bahkan gantung helm lebih awal dari Rossi yang 8 tahun lebih tua darinya. Yamaha pun harus kembali mencari rider yang benar-benar biasa menjadi pengganti Rossi kelak di Yamaha. Meski begitu, mereka tak perlu jauh-jauh melihat.

Sekarang, Yamaha telah memiliki dua rider muda yang sama-sama mumpuni, yakni Fabio Quartararo dan Maverick Vinales, yang saat ini tengah duduk di peringkat 1 dan 2 pada klasemen sementara pembalap MotoGP. Mereka pun dinilai bisa menggantikan Rossi dalam memimpin pengembangan Yamaha.

Uniknya lagi, keduanya akan bertandem di Monster Energy Yamaha mulai tahun depan. "Kini kami punya Maverick, dan juga Fabio, yang menjadi debutan terbaik pada 2019. Jadi saya rasa kami sudah punya orang-orang yang bisa melanjutkan kejayaan Vale di trek," tutup Jarvis.

3 dari 3 halaman

Video: Kembali Bergulir, MotoGP 2020 Ketat Terapkan Protokol Kesehatan

KOMENTAR