BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Quartararo Stres Kejar Gelar Debutan Terbaik MotoGP 2019

18-10-2019 16:48 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Bola.net - Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, sukses mencatat waktu tercepat dalam sesi latihan bebas kedua (FP2) Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, pada Jumat (18/10/2019). Ia pun mengaku tak mudah meraih hasil ini, karena ia belum pernah uji coba di trek tersebut dengan motor MotoGP.

Rider berstatus debutan ini mengaku kesulitan mencari setup terbaik dari motor YZR-M1 miliknya, terutama di pengereman. Dalam sesi latihan bebas pertama (FP1), ia pun harus puas duduk di posisi kedua, di belakang rider Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales.

"Pagi ini saya sulit mencari sensasi yang tepat, sulit mencari referensi, terutama pada pengereman. Tapi secara bertahap saya bisa memperbaiki diri dan saya rasa kami bekerja dengan baik, terutama soal ritme balap," ungkap El Diablo kepada GPOne.

1 dari 2 halaman

Tak Sabar Balapan

Quartararo tetap pede bisa tampil baik di Motegi, salah satu trek favoritnya. Tahun lalu, ia bahkan sempat dinyatakan memenangi balapan di Moto2, sebelum didiskualifikasi akibat tekanan bannya 0,02 psi lebih rendah dari regulasi. Ia pun makin percaya diri karena Yamaha memberinya bantuan teknis lebih baik.

"Saya belum 100% di sini, jadi sangat penting untuk fokus pada gaya balap saya, terutama soal engine brake. Meski begitu ini adalah trek yang saya sukai, dan saya tak sabar balapan. Yamaha juga telah membawa banyak insinyur untuk membantu kami tampil lebih kuat," ujar rider 20 tahun ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Debutan Terbaik Bukan Target Utama

Mengingat Motegi cocok dengan gaya balap Quartararo dan karakter Yamaha, rider Prancis ini berpeluang besar meraih kemenangan perdananya di MotoGP. Tak hanya itu, jika ia bisa mengakhiri pekan balap setidaknya 75 poin lebih banyak dari Joan Mir (Suzuki), ia akan mengunci gelar debutan terbaik 2019.

"Saya sangat bangga atas apa yang saya lakukan, mulai dari uji coba pramusim di Sepang. Saya akui bahwa meraih gelar debutan terbaik tidaklah mudah, bahkan bikin stres, karena ada banyak pebalap cepat. Tapi jujur saja itu bukan target utama kami, karena kami masih harus lihat level performa saya," tutupnya.

Saat ini, Quartararo tengah duduk di peringkat 7 pada klasemen pebalap MotoGP dengan 143 poin, hanya tertinggal dua poin dari Valentino Rossi di peringkat 6. Ia juga unggul 85 poin atas Mir, yang duduk di peringkat 13.

Sumber: GPOne

KOMENTAR

5 Pemain dengan Transfer Termahal pada Januari 2020