BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Quartararo: Dapat Motor Pabrikan Bakal Jadi Keuntungan

16-10-2019 15:00 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Bola.net - Asa Fabio Quartararo untuk mendapatkan motor YZR-M1 spek pabrikan di MotoGP 2020 makin melambung tinggi. Dalam wawancaranya dengan Motorsport.com, rider Petronas Yamaha SRT ini mengaku timnya telah berdiskusi untuk menyediakan motor tersebut.

Musim ini, El Diablo mengendarai M1 ala kadarnya, mengingat hanya mesin dan sasis yang merupakan versi terbaru. Uniknya, ia tetap mampu konsisten bertarung di papan atas, dan sejauh ini telah meraih 5 podium dan 4 pole. Dengan motor yang lebih mumpuni, ia diprediksi bisa lebih garang lagi.

Beberapa pihak yakin peningkatan Yamaha pada paruh kedua musim ini juga berkat oleh kinerja Project Leader YZR-M1 terbaru, Takahiro Sumi. Opini senada juga sempat disampaikan Maverick Vinales, namun Quartararo justru menyatakan bahwa dirinya tak dapat terlalu banyak pengaruh dari kehadiran Sumi.

1 dari 2 halaman

Tak Ikut Jajal Perangkat Baru

Hal ini dikarenakan Quartararo merupakan rider tim satelit, yang tak dilibatkan dalam pengembangan motor, meski datanya juga dijadikan evaluasi. Hingga kini, ia bahkan tak mendapatkan perangkat baru yang setara dengan milik Vinales dan Valentino Rossi.

"Jelas Sumi bekerja dengan baik hingga saya bisa cepat. Tapi bukan berarti Yamaha memberi saya perangkat untuk dijajal. Contohnya, perangkat baru yang dicoba Vale dan Mack di uji coba Misano, sampai sekarang tak pernah saya coba. Dalam uji coba itu, kami fokus pada setup sendiri, tak lebih dari itu," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Performa M1 2020

Belakangan, Petronas pun dikabarkan siap menggelontorkan biaya besar demi mendapatkan M1 spek pabrikan untuk Quartararo. Seiring dengan tren positif pada performa tiga M1 lainnya, harapan mereka pun tampaknya akan terwujud musim depan.

"Yamaha sangat termotivasi. Mereka membawa motor prototipe tahun depan ke trek, dan evolusinya tampak bekerja baik. Saya tak mau memikirkannya, saya memilih fokus pada tahun ini dan tahun depan. Tapi saya dengar mereka akan memberi saya motor spek pabrikan, dan ini akan jadi keuntungan," tutupnya.

Menjelang MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi akhir pekan ini, Quartararo tengah duduk di peringkat ketujuh pada klasemen pebalap dengan koleksi 143 poin, hanya tertinggal 2 poin dari Rossi yang ada di peringkat keenam.

Sumber: Motorsport.com

KOMENTAR

Lompatan Spektakuler Ronaldo, Penyelamat Juventus