BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Psikis Kian Tangguh, Kunci Sukses Fabio Quartararo di MotoGP Portimao

19-04-2021 08:53 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, kembali menebar ancaman usai sukses memenangi MotoGP Portimao, Portugal, Minggu (18/4/2021), dari pole. Kemenangan ini adalah kemenangannya yang kedua musim ini, hingga kini ia berhasil mengambil alih puncak klasemen dari Johann Zarco dengan koleksi 61 poin.

Selepas start, Quartararo sempat melorot ke posisi keenam usai senggolan tipis dengan Alex Rins di trek lurus. Namun, pada Lap 9, ia berhasil naik dan mengambil alih pimpinan balap. Ia sempat ketat dibuntuti Rins, namun ritme Quartararo sangat kuat, hingga Rins harus ngotot mengejar sampai terjatuh.

Ritme Quartararo pada paruh pertama balapan mencapai 1 menit 40 detik rendah. Ritme ini sudah dianggap baik, namun El Diablo menggila pada paruh kedua balapan, justru konsisten mencatat 1 menit 39 detik. Alhasil, Quartararo pun menang dominan, finis 4,8 detik dari Pecco Bagnaia. Ia pun kaget ritmenya bisa sebaik itu.

1 dari 3 halaman

Tak Mengira Dapat Ritme Balap yang Tinggi

"Itu start yang sulit. Start saya sih bagus, tapi sayangnya yang lain melakukannya lebih baik. Namun, saya sangat senang karena saya tak mengira bakal mencapai ritme tersebut, karena kami mencatat 1 menit 39 detik lebih banyak dari 1 menit 40 detik, dan ini ritme yang sangat kuat," ujar Quartararo kepada Crash.net.

Pembalap Prancis ini mengakui bahwa Portimao memang trek yang sangat menuntut fisik pembalap dan menuntut performa terbaik motor. Pada pertengahan balap, bahan bakar pun menipis hingga motornya lebih ringan. Dengan begitu, catatan waktu yang baik juga jadi lebih mudah diraih.

"Di sini, kami sangat merasakan bahan bakar cepat habis, jadi di tengah balapan, ritme kami jadi menakjubkan. Saya tahu saya punya ritme ekstra dibanding Alex. Namun, jujur saja, ritme kami hari ini sungguh tak terduga. Tapi tentu rasanya menyenangkan bisa menikmati balapan di sini, karena ini trek yang unik," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Yamaha Makin Maju, Psikis Juga Makin Tangguh

Lewat kemenangan Maverick Vinales di Seri Qatar, disusul kemenangan Quartararo di Seri Doha dan Portimao, maka untuk pertama kalinya sejak 2010 Yamaha sukses menang di tiga seri pertama sebuah musim. Selain itu, tiga kemenangan ini juga seolah menjadi pernyataan tegas bahwa Yamaha sudah bangkit dari keterpurukan pada 2020.

Quartararo mengakui para insinyur Yamaha telah bekerja keras mencari kemajuan pada YZR-M1, tapi dua kemenangan ini juga ia yakini terwujud berkat mentalitasnya yang kini lebih kuat dan optimistis. Seperti diketahui, rider 21 tahun ini bekerja dengan psikolog sepanjang musim dingin untuk memperbaiki sisi emosionalnya.

"Yamaha mengalami kemajuan besar dibanding tahun lalu, tapi mental saya juga makin kuat. Tahun lalu, usai Aragon, kami kehilangan kans berebut gelar dengan Joan. Saya frustrasi, tapi banyak belajar. Dulu, saat motor kami tak bekerja baik, saya selalu berpikiran negatif. Namun, kini benar-benar berubah. Saya selalu berpikir positif, dan ini bagus," tutupnya.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR