BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Pramac Tunjuk Tito Rabat Gantikan Jorge Martin, Beber Alasan Tak Gaet Michele Pirro

22-04-2021 08:32 | Anindhya Danartikanya

Tito Rabat (c) Pramac Racing Tito Rabat (c) Pramac Racing

Bola.net - Pramac Racing akhirnya resmi mengumumkan bahwa rider Barni Racing Team WorldSBK, Tito Rabat, bakal menjadi pengganti sementara untuk Jorge Martin di MotoGP Spanyol yang digelar di Sirkuit Jerez pada 30 April-2 Mei mendatang. Keputusan ini diambil karena Martin mengalami banyak cedera usai terjatuh di Seri Portugal.

Martin yang masih berstatus debutan memang mengalami kecelakaan hebat di Tikungan 7 Sirkuit Portimao dalam sesi latihan bebas ketiga (FP3) pada Sabtu (17/4/2021). Ia tampak sulit bergerak usai terjatuh keras di area gravel, hingga petugas trek meminta sesi dihentikan sementara untuk mengevakuasi Martin dari TKP.

Saat akhirnya tubuh Martin bisa ditandu menuju ambulans, MotoGP pun menampilkan notifikasi di layar televisi bahwa Martin dalam keadaan sadar. Namun, menurut keterangan juara dunia Moto3 2018 ini, ternyata dirinya sempat hilang kesadaran sejenak, yakni saat kepalanya membentur aspal.

1 dari 3 halaman

Operasi Jorge Martin Berjalan Lancar

Martin pun mengaku dirinya mengalami tujuh cedera berbeda, di antaranya retak tulang metakarpal pada tangan kanan, retak pada lutut, serta kerusakan engkel. Operasi pun telah dilakukan di Barcelona pada Rabu (21/4/2021), dan Martin dipastikan absen dari pekan balap di Jerez mendatang.

"Akibat kecelakaan hebat pada Sabtu lalu, Jorge Martin menjalani operasi di Rumah Sakit Universitas Dexeus, Barcelona demi mereduksi keretakan tulang metakarpal ibu jari tangan kanan, engkel kanan, dan tulang tibia kiri. Tito Rabat akan mengambil alih tempat Martin untuk GP Spanyol di Jerez de la Frontera, yang dijadwalkan pada 30 April-2 Mei di Sirkuit Angel Nieto," tulis Pramac.

Sebelum nama Rabat muncul, tadinya Pramac sempat diisukan akan meminta jasa test rider Ducati Corse, Michele Pirro, yang selama ini juga bertugas sebagai pembalap pengganti baik di MotoGP maupun WorldSBK. Sayangnya, jadwal balapan di Jerez bertabrakan dengan jadwal uji coba tertutup Ducati di Sirkuit Mugello, Italia.

2 dari 3 halaman

Bakal Kendarai Desmosedici GP21

Pembalap Barni Racing Team Ducati, Tito Rabat (c) Facebook/Ducati Pembalap Barni Racing Team Ducati, Tito Rabat (c) Facebook/Ducati

"Michele Pirro, pada 29-30 April, akan menjalani uji coba selama dua hari di Mugello. Ini akan menjadi persiapan yang sangat penting, demi tampil sebaik mungkin di balapan kandang Ducati. Pramac Racing, dengan kesepakatan bersama Ducati, akhirnya memutuskan menawarkan Esteve 'Tito' Rabat kans untuk balapan di GP Spanyol di Jerez di atas Desmosedici GP21," lanjut Pramac.

Banyak pihak heran Pramac dan Ducati tak memanggil rider Aruba.it Racing Ducati sekaligus runner up WorldSBK 2020, Scott Redding, untuk jadi pengganti Martin. Meski begitu, Rabat diperkirakan dipilih karena ia lebih berpengalaman dengan ban Michelin terbaru, mengingat ia juga baru mundur dari MotoGP pada akhir musim lalu.

"Pembalap Catalunya ini, yang akan menginjak usia 32 tahun pada 25 Mei, merupakan juara dunia Moto2 2014. Ia juga balapan bersama Avintia Esponsorama selama tiga tahun terakhir di MotoGP. Tahun ini Rabat berkompetisi di WorldSBK untuk Barni Racing Team di atas Panigale V4R. Pramac Racing dan Ducati pun berterima kasih kepada mereka atas kemauan dan kolaborasi yang mereka tunjukkan dalam kesempatan ini," tutup Pramac.

Sumber: Pramac Racing

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR