'Postur Toprak Razgatlioglu Mirip Valentino Rossi, Nggak Masalah Naik Yamaha di MotoGP'

Anindhya Danartikanya | 25 Maret 2022, 13:00
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Bola.net - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, tak mempermasalahkan tinggi badan Toprak Razgatlioglu dalam pencarian performa terbaik di atas YZR-M1 jika ia benar-benar pindah dari WorldSBK ke MotoGP pada 2023. Seperti yang diketahui, tinggi pembalap berusia 25 tahun itu mencapai 182 cm.

Tinggi ini sama persis dengan tinggi badan sembilan kali juara dunia sekaligus ikon Yamaha, Valentino Rossi. Sebagai catatan, Fabio Quartararo memiliki tinggi 177 cm, Franco Morbidelli memiliki tinggi 176 cm, sementara Andrea Dovizioso dan Darryn Binder masing-masing memiliki tinggi 165 dan 175 cm.

Razgatlioglu diketahui sudah diminta Yamaha pindah ke MotoGP sejak pertengahan 2020, bahkan sempat jadi kandidat kuat pengganti Rossi tahun ini. Tapi rider asal Turki itu menolak dan malah memperpanjang kontraknya dengan Pata Yamaha WorldSBK selama dua musim sebelum mengunci gelar 2021 di Mandalika.

1 dari 2 halaman

Lebih Ringan dari Danilo Petrucci

Toprak Razgatlioglu dan Valentino Rossi (c) Twitter/Paul Denning

Toprak Razgatlioglu dan Valentino Rossi (c) Twitter/Paul Denning

Jika benar-benar ke MotoGP 2023, maka Razgatlioglu akan jadi rider tertinggi di Yamaha. Namun, Jarvis tak cemas. "Saya rasa tidak masalah. Toprak tinggi, namun ringan. Ia punya postur yang mirip dengan Vale. Ia jelas lebih ringan dari Danilo Petrucci, jadi saya tak melihat masalah soal ini," ujarnya via Speedweek, Rabu (23/3/2022).

Jarvis juga menanggapi pernyataan manajer pribadi El Turco, Kenan Sofuoglu, yang mengaku kliennya hanya bakal pindah ke MotoGP jika mendapatkan tempat di Monster Energy Yamaha. Namun, situasi ini sulit diwujudkan karena Morbidelli dipastikan bertahan, dan Yamaha ingin memperpanjang kontrak Quartararo.

Jarvis menyatakan, satu-satunya pilihan Razgatlioglu adalah WithU Yamaha RNF MotoGP Team, yang berpeluang ditinggalkan Dovizioso akhir musim ini. Namun, Jarvis menjanjikan Razgatlioglu kontrak pabrikan, yang berarti ia akan mendapatkan gaji langsung dari Yamaha, motor M1 teranyar, dan dukungan teknis terbaik.

2 dari 2 halaman

Janjikan Kontrak Pabrikan Meski Lewat Tim Satelit

Toprak Razgatlioglu dan Lin Jarvis (c) Yamaha MotoGP

Toprak Razgatlioglu dan Lin Jarvis (c) Yamaha MotoGP

"Jika Toprak ingin pindah ke kelas MotoGP dan kami tak bisa meletakkannya di tim pabrikan, sangat memungkinkan bagi kami untuk tetap menggaetnya dengan kontrak pabrikan dan meletakkannya di tim RNF milik Razlan Razali. Itu adalah satu-satunya opsi yang bisa kami tawarkan untuk jangka pendek," tutur Jarvis.

Meski begitu, sebelum benar-benar meletakkan 'Stoprak' di tim satelit, Jarvis menyebut Yamaha akan terlebih dahulu mengurus perpanjangan kerja sama dengan RNF Racing. Pasalnya, tim Malaysia itu terikat kontrak dengan Yamaha hanya sampai akhir musim nanti. Jika sudah beres, maka kontrak rider bisa diutak-atik.

"Kami harus memperpanjang kontrak dengan RNF lebih dulu, karena kontrak saat ini hanya valid untuk 2022. Pertama, kami harus memperpanjang kesepakatan ini terlebih dahulu. Kami seharusnya bisa menyelesaikannya pada akhir Juni. Setelahnya, barulah kami bisa membicarakan pemilihan rider," tutup pria asal Inggris itu.

Sumber: Speedweek

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR