Portimao Bisa 'Mendadak' Masuk Kalender MotoGP 2020

Anindhya Danartikanya | 9 September 2019, 11:05
WorldSBK Portimao, Portugal 2019 (c) Kawasaki
WorldSBK Portimao, Portugal 2019 (c) Kawasaki

Bola.net - Sirkuit Portimao, Portugal, ternyata bisa 'mendadak' bergabung dalam kalender balap MotoGP 2020. Kabar ini pun terkuak di sela gelaran WorldSBK di sirkuit tersebut pada akhir pekan lalu, berkat pernyataan Presiden Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Jorge Viegas, lewat Twitter.


Kalender balap sementara MotoGP 2020 sejatinya sudah dirilis secara resmi sejak dua pekan lalu, yakni hanya beberapa hari usai Seri Silverstone, Inggris. Meski begitu, ada dua sirkuit yang belum mendapat kepastian 100%, yakni KymiRing, Finlandia, dan Automotodrom Brno, Ceko.

KymiRing masih harus melewati tahap homologasi FIM usai uji coba pada akhir bulan lalu, dan juga diminta melakukan berbagai perubahan sebelum menggelar MotoGP. Di lain sisi, Brno masih dalam tahap negosiasi, mengingat Brno memiliki masalah finansial dan diminta untuk mengaspal ulang treknya.

1 dari 2 halaman

Bisa Jadi Sirkuit Cadangan

Pernyataan Presiden FIM, Jorge Viegas (c) Twitter/Jorge Viegas

Pernyataan Presiden FIM, Jorge Viegas (c) Twitter/Jorge Viegas

Jika KymiRing dan Brno tak bisa menyanggupi semua persyaratan untuk menggelar balapan MotoGP pada 2020, kedua sirkuit ini pun terancam terdepak dari kalender balap. Dengan begitu, FIM dan Dorna Sports, selaku promotor MotoGP harus mencari pengganti yang layak.

Baru-baru ini Sirkuit Portimao telah mengumumkan perpanjangan kontrak untuk menggelar WorldSBK sampai 2022, dan menurut Crash.net, pengelola memiliki kesepakatan dengan Dorna Sports untuk bersiap menggelar MotoGP jika Brno dan KymiRing benar-benar terdepak.

Kabar ini didukung Viegas yang memberi 'kode' bahwa Portugal bisa menggelar MotoGP dalam waktu dekat. "Tak ada orang yang lebih ingin MotoGP kembali ke Portugal ketimbang saya! Ada pra-persetujuan untuk 2022, tapi bisa lebih cepat jika sebuah sirkuit keluar. Terima kasih sudah berbagi impian ini!" tulisnya lewat Twitter pada Sabtu (7/9/2019).

2 dari 2 halaman

Oliveira dan Fakta Unik Portugal

Miguel Oliveira (c) KTM/Gold and Goose

Miguel Oliveira (c) KTM/Gold and Goose

Grand Prix Portugal pertama digelar di Sirkuit Jarama, yang justru terletak di Madrid, Spanyol. Estoril pun mengambil alih gelaran ini dan benar-benar membawa ajang ini ke tanah Portugal pada 2000-2012.

Portimao, yang dibangun pada 2008, selalu konsisten menggelar WorldSBK. Uniknya, sirkuit ini tak pernah menggelar MotoGP. Meski begitu, semua fasilitas yang ada di trek tersebut telah dinilai layak untuk gelaran MotoGP.

Jika Portimao benar-benar bisa masuk ke kalender balap MotoGP, maka ini akan jadi kabar baik bagi para penggemar di Portugal, mengingat kini mereka memiliki bintang lokal, Miguel Oliveira, yang selama lima tahun terakhir ini terus naik daun.

Oliveira merupakan pebalap Portugal pertama yang pernah meraih kemenangan di GP, sekaligus pebalap Portugal pertama di MotoGP. Ia juga runner up Moto3 2015 dan Moto2 2018. Kini membela Red Bull KTM Tech 3, ia bekerja dengan baik di atas RC16 dan digadang-gadang menjadi rider utama KTM di masa depan.

Sumber: Crash.net

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR