BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pol Espargaro Tercepat pada Hari Pertama Uji Coba MotoGP Misano

24-06-2020 08:56 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Red Bull KTM, Pol Espargaro (c) KTM Pebalap Red Bull KTM, Pol Espargaro (c) KTM

Bola.net - Pebalap Red Bull KTM Factory Racing yang belakangan ini santer dikabarkan bakal pindah ke Repsol Honda, Pol Espargaro, mencatatkan waktu tercepat pada hari pertama uji coba tertutup MotoGP di Sirkuit Misano, Italia, pada Selasa (24/6/2020). Demikian yang dilaporkan Crash.net.

Uji coba ini diikuti para pebalap dari KTM, yakni Espargaro, Brad Binder, Miguel Oliveira, dan Iker Lecuona. Begitu juga Aprilia yang menurunkan Aleix Espargaro dan sang test rider, Bradley Smith, yang dipastikan akan menggantikan Andrea Iannone di dua Seri Jerez, Spanyol, 17-19 dan 24-26 Juli.

Selain itu, ada juga Ducati dan Suzuki yang masing-masing hanya menurunkan test rider-nya, yakni Michele Pirro dan Sylvain Guintoli. Beberapa tim WorldSBK, termasuk Aruba.it Racing Ducati yang digawangi Scott Redding dan Chaz Davies juga hadir.

1 dari 3 halaman

Tak Jauh dari Rekor Lap dan Pole

Menurut Crash.net, mengingat ini merupakan uji coba tertutup, maka tak ada catatan waktu yang resmi dirilis, namun Espargaro dikabarkan mencatatkan waktu 1 menit 33 detik, di atas trek Misano yang baru diaspal ulang beberapa waktu lalu.

Catatan waktu Polyccio ini pun tak terlalu jauh dibandingkan rekor lap Misano yang dicetak Andrea Dovizioso (Ducati Team) dalam pekan balap pada 2018, begitu juga rekor pole 1 menit 31,629 detik yang dicetak Jorge Lorenzo (Ducati Team) juga pada tahun yang sama.

2 dari 3 halaman

Kesempatan Terakhir Aprilia dan KTM

Uji coba ini diperkirakan berlanjut sampai Kamis (25/6/2020), dan ini juga merupakan kesempatan terakhir bagi Aprilia dan KTM, yakni pabrikan berkonsesi, untuk mendapatkan data penting sebelum desain final mesin terbaru mereka didaftarkan kepada Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge, pada 29 Juni mendatang.

KTM sendiri takkan melakukan perubahan besar pada mesinnya dibanding yang mereka tekad ajukan kepada Aldridge di Qatar pada awal Maret lalu. Namun, Aprilia yang mengembangkan mesin baru dengan konsep V4 90°, sempat mengalami kendala ketahanan mesin meski performanya dinilai menakjubkan dalam uji coba pramusim pada Februari lalu.

Seluruh pebalap MotoGP pun akan kembali turun lintasan pada seri pertama musim 2020 yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli, yang didahului oleh sesi uji coba tambahan pada 15 Juli.

3 dari 3 halaman

Video: Marc Marquez Optimistis MotoGP Dimulai Pertengahan Juli 2020

KOMENTAR