Pol Espargaro Buka Kans Pindah ke LCR Honda di MotoGP 2023

Anindhya Danartikanya | 3 Juni 2022, 13:43
Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro, membuka kans untuk pindah ke LCR Honda di MotoGP 2023 mendatang. Hal ini ia sampaikan menjelang pekan balap di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Kamis (2/6/2022), usai tugas Marc Marquez mengembangkan motor RC213V diserahkan kepada Takaaki Nakagami.

Masa depan Espargaro terombang-ambing sejak akhir musim lalu, ketika Joan Mir diisukan menggantikannya pada 2023. Namun, rumor itu menghilang awal musim ini, karena Mir bertekad bertahan di Suzuki. Meski begitu, situasi berubah drastis usai Suzuki pada awal Mei memutuskan mundur dari MotoGP akhir musim nanti.

Kini Repsol Honda dikabarkan benar-benar getol memburu Mir yang juga merupakan juara dunia Moto3 2017 dan MotoGP 2020, untuk dijadikan tandem Marquez. Nasib Espargaro pun semakin tak jelas usai Honda tak mengizinkannya terlalu dalam ikut mengembangkan RC213V selagi Marquez absen untuk operasi lengan.

1 dari 2 halaman

Tak Ambil Pusing Alasan Honda

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

"Motor Marc akan diserahkan ke Taka akhir pekan ini. Jadi, target saya adalah lanjut bekerja dengan motor saya sendiri sejak Qatar dan mencoba melaju secepat mungkin. Jadi, soal pengembangan motor, saya takkan jadi orang yang mengendalikannya akhir pekan ini," ungkap Espargaro via Crash.net.

Espargaro mengaku sudah mengajukan diri kepada HRC untuk meneruskan kinerja Marquez, namun ditolak. Meski begitu, ia tak mau mempermasalahkannya. "Saya meminta motor Marc, namun tak mendapatkannya. Apa alasannya, itu bukan urusan saya," ungkap rider berusia 31 tahun ini kepada The Race.

"Saya sudah meminta hal-hal terbaik, perangkat-perangkat baru, demi evolusi motor. Namun, saya bukan orang yang menentukan apakah saya akan mendapatkannya atau tidak. Saya adalah orang yang dibayar untuk mengendarai motor ini secepat mungkin dan itulah yang akan saya lakukan," lanjut Polyccio.

2 dari 2 halaman

3 Tempat Kosong di Honda

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) AP Photo

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) AP Photo

Fakta bahwa HRC tak mengizinkan Espargaro melanjutkan tugas Marquez seolah mendukung gosip bahwa ia akan terdepak dari Repsol Honda. Meski begitu, rider Spanyol ini tak menutup kemungkinan bertahan di Honda namun dipindahkan ke LCR. Ia bahkan menyebut bahwa sang manajer pribadi, Homer Bosch, sudah bergerilya.

"Saya rasa hasil saya takkan terpengaruh jika melihat gambaran besar dari situasi ini. Namun, memang benar bahwa masa silly season sudah berjalan, begitu banyak rumor beredar, dan banyak pembicaraan yang dilakukan di dalam paddock ini," tutur Espargaro, yang juga mencari opsi untuk kembali ke KTM tahun depan.

"Ada tiga tempat di Honda yang bisa saya tempati, begitu juga tempat di tim dan pabrikan lain. Jadi, sudah jelas ada banyak diskusi antara manajer saya dan para pabrikan. Kita lihat saja beberapa balapan lagi. Saya rasa tak perlu waktu lama untuk tahu ke mana saya akan menuju. Ini bakal sangat menarik," pungkasnya.

Sumber: Crashnet, The Race, MotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR