BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Podium Le Mans Bukti Honda Tak Main-Main Gaet Alex Marquez'

14-10-2020 15:23 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) HRC Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) HRC

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, memberikan sanjungan tinggi kepada sang debutan, Alex Marquez, yang sukses meraih podium perdananya di MotoGP usai finis kedua di Le Mans, Prancis, Minggu (11/10/2020). Kepada situs resmi Honda Global, Puig menyatakan ini bukti bahwa proyek mereka dengan El Pistolas tak main-main.

Dalam balapan yang diguyur hujan itu, Marquez start dari posisi 18. Melihat fakta ini, ia sama sekali tak menyangka bisa naik podium. Namun, potensinya sudah terlihat sejak awal. Usai pada lap pertama, langsung merangsek ke posisi 10. Sejak itu, ia terus memperbaiki posisi sampai akhirnya duduk di posisi kedua.

Podium ini juga podium perdana Honda musim ini, dan Puig merasa senang karena juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 itu bersikap tenang dan tak gegabah dalam menghadapi kondisi trek yang sangat mengecoh itu. Ia juga memuji jelinya Marquez dalam menemukan saat-saat yang tepat untuk menyerang lawannya.

1 dari 3 halaman

Bagai Roket Sekalinya Nyaman

Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) HRC Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) HRC

"Alex santai mencari ritme, tapi sekalinya 'klik', Anda bisa lihat ia seperti roket. Ia memperbaiki banyak posisi dalam waktu sangat singkat. Anda bisa lihat ia belajar di tiap lap. Saat ritmenya meningkat, kami mulai liha lima besar dan podium sangat memungkinkan. Jika ada 2-3 lap tambahan, mungkin bakal ada kejutan lebih besar," tutur Puig.

Puig sadar bahwa Marquez memang masih harus memperbaiki performa dalam kondisi kering, namun podium ini, begitu juga ketenangan Marquez, tetap membuktikan bahwa pihaknya sama sekali tak salah menggaet adik Marc Marquez tersebut.

"Balapan itu membuktikan alasan mengapa kami memulai proyek ini bersama Alex. Kami sangat puas dan senang atas apa yang ia raih dalam balapan ini, mengingat banyak orang meremehkan keputusan kami menggaetnya," ungkap eks manajer pribadi Dani Pedrosa ini.

2 dari 3 halaman

Punya Pondasi Performa yang Baik

Alberto Puig (c) Honda Global Alberto Puig (c) Honda Global

Puig juga yakin mempertahankan Marquez lewat LCR Honda tahun depan juga merupakan langkah yang sangat tepat. "Saya rasa banyak orang mulai melihat apa yang kami lihat saat kami memutuskan untuk bekerja dengannya tahun ini dan pada tahun-tahun berikutnya," lanjutnya.

"Alex adalah dua kali juara dunia dan telah bekerja sangat profesional sepanjang musim ini. Ia juga terus berproses dan belajar. Ia punya pondasi yang sangat baik dan podium ini adalah hasil jerih payah pertama kami dalam proyek ini," pungkas Puig.

Menjelang MotoGP Aragon, Spanyol, pada 16-18 Oktober mendatang, Marquez tengah duduk di peringkat 14 pada klasemen pembalap dengan koleksi 47 poin, hanya tertinggal 15 poin dari debutan lainnya, Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing), yang ada di peringkat 11.

Sumber: Honda Global

3 dari 3 halaman

Video: Momen Brad Binder Menangi MotoGP Ceko

KOMENTAR