Pindah ke Reli, Danilo Petrucci Bisa Jadi Rider Cadangan KTM di MotoGP

Anindhya Danartikanya | 11 Oktober 2021, 12:59
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Philip Platzer
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Philip Platzer

Bola.net - Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, mensinyalir bahwa Danilo Petrucci masih punya kesempatan untuk berlaga di MotoGP 2022 meski resmi akan banting setir ke ajang reli motor. Lewat Speedweek, Minggu (10/10/2021), Beirer menyatakan bahwa pihaknya berencana menjadikan rider Italia itu sebagai pembalap cadangan.


Saat ini, KTM punya dua test rider, yakni Dani Pedrosa dan Mika Kallio, yang masing-masing berusia 36 dan 39 tahun. Pedrosa takkan lagi diturunkan dalam balapan usai Seri Styria, kecuali dalam situasi mendesak, dan Kallio dipastikan Beirer takkan lagi ikut balapan sebagai wildcard atau pengganti pembalap yang cedera.

Pada Juni lalu, test rider Honda, Stefan Bradl, sempat mengunjungi markas KTM di Mattighofen, Austria. Namun, rumor dirinya akan menggantikan Kallio sirna begitu saja usai kontraknya diperpanjang Honda. Di lain sisi, Beirer menyatakan, meski kagum pada kinerja Bradl, pihaknya lebih senang mempertahankan Pedrosa dan Kallio.

"Stefan hanya ingin melihat apakah motor lamanya di IDM 125 masih kami simpan," gurau Beirer. "Kami tetap bekerja dengan Dani dan Mika pada 2022. Meski dalam kondisi lemah, kami mengembangkan teknologi motor dengan keduanya. Kami akan coba kembali menang, dan alasan itu kami mempertahankan tim uji coba yang sama."

1 dari 2 halaman

Sulit Cari Rider Pengganti yang 'Super'

Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Mencari pembalap pengganti memang jadi hal yang kerap bikin pusing setiap tim MotoGP. Pasalnya, mencari rider yang kompetitif tidaklah mudah. Belum lagi jika test rider tak bisa dipanggil karena jadwal pekan balapnya telanjur bentrok dengan jadwal uji coba tertutup di sirkuit lain. Melihat ini, KTM yakin Petrucci bisa jadi opsi ideal.

"Dani sudah sempat balapan di Spielberg, jadi untuk saat ini dia mau jadi pengganti jika situasinya memang sulit. Namun, ini bukan 'kemewahan', karena Mika takkan lagi balapan. Jadi, Mika sudah dicoret dari pertanyaan ini. Kendala rider pengganti memang sudah jadi dilema lama," ungkap Beirer.

"Dalam situasi darurat, Anda takkan bisa menemukan pengganti 'super' dalam semalam. Namun, kini kami punya dua nomor telepon yang baik untuk kasus macam itu. Salah satunya Dani, dan pada masa depan kami juga bisa memanggil Danilo," lanjut pria asal Jerman yang juga eks pembalap motocross ini.

2 dari 2 halaman

Danilo Petrucci Sudah Jadi 'Teman' KTM

Meski MotoGP 2021 masih menyisakan tiga seri, bulan ini Petrucci sudah memulai beragam kegiatan untuk persiapan pindah ke reli motor, terutama untuk Reli Dakar pada Januari nanti. Namun, Beirer menyatakan bahwa rider 30 tahun itu bisa jadi ikut menjalani uji coba pramusim di Sepang dan Mandalika pada Februari 2022.

Dengan begitu, Petrucci takkan lupa-lupa amat pada motor MotoGP jika dipanggil sebagai rider pengganti. "Saya rasa, pembalap yang baik bakal cepat adaptasi dengan MotoGP. Tapi memang sudah terbukti hal ini sulit untuk pengganti. Siapa pun yang datang untuk pertama kali sangatlah kesulitan, setidaknya pada pekan pertama," tutur Beirer.

"Hubungan kami baik dengan Danilo. Kami tak butuh kontrak untuk tugas-tugas tertentu. Ia telah jadi teman baik kami semua hanya dalam waktu setahun. Sayangnya, kami gagal kompetitif bersamanya dalam rencana membantunya menjalani musim terbaik di MotoGP dengan target meraih lebih dari satu kemenangan," pungkasnya.

Sumber: Speedweek

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR