BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Pindah ke Monster Yamaha, Franco Morbidelli: Ini Berkat Dukungan Banyak Orang

31-08-2021 10:44 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Bola.net - Meski belum ada pengumuman resmi dari Yamaha Motor Racing (YMR), Franco Morbidelli akhirnya mengonfirmasi bahwa dirinya memang akan membela Monster Energy Yamaha mulai MotoGP Misano, San Marino, pada 17-19 September. Hal ini ia katakan lewat Instagram Story, Senin (30/8/2021).

Sehari sebelumnya, yakni di sela Seri Silverstone, Inggris, Managing Director YMR, Lin Jarvis, menyatakan pihaknya berencana menurunkan Morbidelli sebagai rider tim pabrikan sejak Seri Misano. Namun, ia menegaskan bahwa belum ada kontrak yang ditandatangani, hingga pengumuman resmi belum dirilis.

Seperti yang diketahui, langkah ini diambil oleh Yamaha akibat efek domino dari perpisahan dengan Maverick Vinales efektif sejak 20 Agustus lalu. Vinales dan Yamaha berpisah usai Top Gun dinilai telah melakukan tindakan tak lazim pada empat lap terakhir Seri Styria, yang dianggap berpotensi merusak mesin YZR-M1.

1 dari 2 halaman

Berterima Kasih atas Dukungan Penggemar

Ucapan Franco Morbidelli jelang kepindahan ke Monster Energy Yamaha. (c) Instagram/Franco MorbidelliUcapan Franco Morbidelli jelang kepindahan ke Monster Energy Yamaha. (c) Instagram/Franco Morbidelli

Morbidelli yang masih berstatus rider Petronas Yamaha SRT, saat ini masih menjalani pemulihan cedera lutut kiri, dan sudah absen dari paddock MotoGP sejak akhir Juni lalu. Selama absen, ia sempat digantikan Garrett Gerloff, Cal Crutchlow, dan Jake Dixon. Namun, lewat Instagram, ia mengonfirmasi kepindahannya ke tim pabrikan.

"Begitu banyak orang yang harus saya beri ucapan terima kasih atas hal ini... Saya yakin akan memiliki kesempatan untuk melakukannya secara personal beberapa hari lagi. Sementara itu, saya berterima kasih kepada kalian semua atas dukungan besar yang kalian berikan pada hari-hari belakangan. Sampai jumpa lagi segera!" tulisnya.

Tak hanya itu, Morbidelli juga akan membela Monster Energy Yamaha di MotoGP 2022, meski lagi-lagi YMR belum merilis pengumuman resmi soal ini. Pembalap Italia berdarah Brasil ini pun akan kembali bertandem dengan Fabio Quartararo, yang menjadi tandemnya di SRT pada 2019 dan 2020 lalu.

2 dari 2 halaman

Ambil Alih Alokasi Mesin Maverick Vinales

Lin Jarvis (c) Yamaha
Lin Jarvis (c) Yamaha

Lewat MotoGP.com, Jarvis juga menyatakan Morbidelli akan mengambil alih alokasi mesin YZR-M1 milik Vinales, dan hal ini sudah sesuai dengan regulasi teknis MotoGP. "Jadi, Franky akan mendahului jadwal asli untuk membela tim pabrikan. Kami juga berencana akan meletakkan Franky di tim pabrikan tahun depan," ujarnya.

"Akibat pemutusan kontrak (Vinales) ini, kami juga akan meng-upgrade (motor) Franky pertengahan musim ini. Ini belum diresmikan, namun kami punya rencana jelas dengannya dan manajemennya untuk melakukannya sekarang juga," lanjut pria asal Inggris ini.

Mengingat Morbidelli masih akan absen dari Seri Aragon pada 10-12 September, maka test rider Yamaha, Cal Crutchlow, masih akan membela Monster Energy Yamaha. Namun, belum diketahui siapa yang akan menjadi rider kedua di SRT dalam seri itu, mengingat Xavi Vierge dikabarkan menolak kesempatan tersebut.

Sumber: Instagram/FrankyMorbido, MotoGP

KOMENTAR