BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Pindah ke Gresini di MotoGP 2022, Enea Bastianini Masih Harus Rombak Kontrak

18-06-2021 12:11 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Avintia Esponsorama, Enea Bastianini (c) Esponsorama Racing
Pembalap Avintia Esponsorama, Enea Bastianini (c) Esponsorama Racing

Bola.net - Pembalap Avintia Esponsorama, Enea Bastianini, mengaku kontraknya dengan Ducati Corse belum 'sah' alias harus mengalami perombakan usai diumumkan bakal pindah ke Gresini Racing di MotoGP 2022 mendatang. Hal ini ia sampaikan kepada Crash.net di Sachsenring, Jerman, pada Kamis (17/6/2021).

Juara dunia Moto2 2020 tersebut naik ke MotoGP tahun ini bersama Esponsorama, dengan kontrak yang terikat langsung dengan Ducati Corse. Meski begitu, mengingat Esponsorama mundur dari MotoGP pada akhir tahun nanti, nasib Bastianini sempat terkatung-katung karena Ducati tak segera menentukan tim satelit.

Meski begitu, pada Kamis, Gresini Racing akhirnya resmi mengumumkan kerja samanya dengan Ducati Corse sebagai tim satelit tahun depan, berpisah dari struktur tim pabrikan Aprilia akhir musim nanti. Dalam rilis resminya, tim asal Faenza, Italia, itu menyatakan akan menaungi Bastianini dan Fabio di Giannantonio.

1 dari 3 halaman

Kontrak dengan Ducati Harus Dimodifikasi

Pembalap Esponsorama Racing, Enea Bastianini (c) Esponsorama Racing
Pembalap Esponsorama Racing, Enea Bastianini (c) Esponsorama Racing

Sementara di Giannantonio menyuarakan rasa bangganya di akun-akun media sosialnya, Bastianini justru bungkam baik di Instagram maupun Twitter. Saat berjumpa dengan awal media beberapa jam setelah pengumuman Gresini Racing dirilis, pembalap Italia berusia 23 tahun itu mengaku bahwa kontraknya memang belum final.

"Gresini memang sudah tanda tangan dengan Ducati, dan Ducati sudah mengonfirmasi saya (sebagai pembalapnya), namun pekan ini saya harus bicara lagi dengan Ducati, karena kami harus memodifikasi sesuatu pada kontrak. Beberapa bagian kontrak kami harus diubah. Saya merasa positif, namun saat ini semua belum pasti," ujarnya.

Rider berjuluk 'Bestia' ini pun tak mau detail membeberkan perihal apa saja yang harus diubah dalam kontraknya dengan Ducati Corse. Namun, satu hal yang pasti, ia takkan mendapatkan Desmosedici GP22 spek pabrikan seperti Jack Miller, Pecco Bagnaia, Johann Zarco, dan Jorge Martin tahun depan.

2 dari 3 halaman

Sekadar Dapat Desmosedici GP21

Pernyataan Bastianini tersebut pun seolah membenarkan gosip bahwa ia dan di Giannantonio akan mendapatkan GP21, yang saat ini tengah dipakai oleh keempat rider di atas. "Ada beberapa hal yang masih harus dipastikan dan didiskusikan. Namun, seperti yang saya bilang, saya berpikir positif," ujarnya.

"Kami belum mulai mengklarifikasi segalanya, dan saya rasa jawaban pasti bakal datang beberapa hari lagi. Saya takkan dapat motor 2022, itu sudah jelas. Namun, saya bekerja mendapatkan yang terbaik. Saya belum dapat gambaran umumnya," pungkas Bastianini.

Menjelang MotoGP Jerman akhir pekan ini, Bastianini masih dalam pemulihan cedera bahu akibat kecelakaan di trek lurus Sirkuit Mugello sesaat sebelum start. Saat ini ia duduk di peringkat 13 pada klasemen pembalap dengan koleksi 26 poin, dan merupakan debutan terbaik MotoGP 2021 sejauh ini.

Sumber: Crashnet, GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina

KOMENTAR