BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pimpin FP2 MotoGP Andalusia, Takaaki Nakagami Pelajari Data Marc Marquez

24-07-2020 21:27 | Anindhya Danartikanya

Pebalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami (c) LCR Honda Pebalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami (c) LCR Honda

Bola.net - Pebalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami, senang bisa mencatat waktu tercepat dalam sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Andalusia di Jerez, Jumat (24/7/2020). Kepada GPOne, Nakagami mengaku bahwa peningkatan ini terjadi berkat usahanya mempelajari data Marc Marquez.

Marquez tampil sangat kompetitif dalam pekan balap MotoGP Spanyol di trek yang sama akhir pekan lalu. Dalam balapan, ritmenya sangat baik usai sempat melebar ke area gravel dan melorot ke posisi 18. Ia bahkan sempat kembali ke posisi 3, meski akhirnya jatuh dan gagal finis.

Nakagami sendiri mengaku tak banyak perubahan yang terjadi dalam timnya sepanjang hari ini. Ia hanya mempelajari data Marquez dan mencoba melihat perbedaannya. Ia juga melakukan analisa bersama Direktur Teknis Honda Racing Corporation (HRC), Takeo Yokoyama.

1 dari 3 halaman

Setup Terkini Mirip Setup Marc Marquez

"Tak banyak yang berubah, kecuali Takeo punya banyak waktu mengunjungi garasi saya. Selama beberapa hari terakhir, saya membandingkan data dengan Marc, dan saya lihat bedanya. Kini saya pakai setup yang mikir dengan Marc," ungkap rider asal Jepang ini.

Nakagami pun mengaku menemukan beberapa solusi teknis dari usahanya membaca data Marquez, yang akhirnya membuat RC213V miliknya kini bisa lebih mudah dikendarai.

"Ini awal yang baik. Selama beberapa hari terakhir saya hati-hati menganalisa data dari akhir pekan lalu dengan tim, dan saya menemukan solusi. Saya bisa berkendara lebih konsisten dan RC213V kini bisa dikendarai lebih mudah," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Tekad Kejar Pole

Rider berusia 28 tahun ini bahkan tak mengaku takut membulatkan tekad untuk merebut pole dalam sesi kualifikasi pada Sabtu (25/7/2020). Ia yakin takkan mudah karena banyak pebalap cepat, namun performanya hari ini cukup membuatnya merasa percaya diri.

"Pole? Mengapa tidak? Saya memulai pekan balap ini dengan baik, tim saya juga bekerja dengan baik dan saya akan coba merebut pole meski takkan mudah. Seperti yang saya bilang, Honda kini lebih mudah dikendarai dan lebih konsisten. Marc punya cara berkendara yang spesial dan saya ingin mempelajarinya," pungkasnya.

Nakagami diketahui mengendarai RC213V versi 2019, motor yang mengantar Marquez juara tahun lalu. Marquez sendiri mengendarai RC213V versi hybrid, di mana mesinnya memakai versi 2020 dan beberapa perangkat lainnya seperti sasis dan aerodinamika memakai versi 2019.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR