BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Petronas Yamaha SRT Tak Patok Target Muluk untuk Cal Crutchlow

29-07-2021 10:24 | Anindhya Danartikanya

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) MotoGP.com
Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) MotoGP.com

Bola.net - Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, menyambut hangat kedatangan Cal Crutchlow di timnya sebagai pengganti sementara Franco Morbidelli di MotoGP Styria, Austria, dan Inggris. Meski begitu, ia mengaku pihaknya tak memberikan target tertentu pada test rider Yamaha tersebut.

Sejak akhir Juni, Morbidelli memang harus absen balapan akibat komplikasi cedera lutut kiri yang sudah ia derita sejak 2015 dan diperparah beberapa kecelakaan selama setahun terakhir. Ia harus menjalani operasi pada meniskus dan ligamen krusiat anterior (ACL). Pemulihannya diperkirakan butuh delapan pekan.

Di Seri Assen, Belanda, Morbidelli sempat digantikan oleh pembalap muda GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff. Namun, rider Amerika Serikat itu sulit untuk menggantikan Morbidelli lagi di seri-seri selanjutnya karena ia juga harus fokus meraih hasil baik di WorldSBK. Alhasil, Crutchlow pun dipanggil.

1 dari 3 halaman

Sudah Pensiun Sejak Akhir 2020

Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali (c) YouTube/Petronas SRT
Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali (c) YouTube/Petronas SRT

"Usai melihat semua opsi, sudah jadi keputusan kolektif antara Yamaha dan kami untuk meminta Cal menggantikan Franco sementara ia memulihkan diri dari luka operasi. Cal akan menggantikan Franco untuk tiga balapan ke depan dan kami tak punya target nyata untuknya soal hasil," ungkap Razali lewat rilis resmi tim, Rabu (28/7/2021).

Crutchlow sendiri sudah pensiun dari kompetisi MotoGP pada akhir 2020, usai membela Monster Yamaha Tech 3 pada 2011-2013, Ducati Team pada 2014, dan LCR Honda pada 2015-2020. Usai memilih gantung helm, ia digaet oleh Yamaha untuk dijadikan test rider, menggantikan lima kali juara dunia, Jorge Lorenzo.

Sepanjang tahun ini, Crutchlow sudah beberapa kali diturunkan dalam uji coba tertutup, dan sejak awal musim, rider Inggris ini menyatakan bahwa selain sebagai test rider, tugas yang dibebankan padanya tahun ini adalah sebagai rider pengganti para pembalap Yamaha yang cedera.

2 dari 3 halaman

Bisa Bantu Yamaha Uji Coba di Sela Pekan Balap

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP
Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP

"Cal rider yang kredibel dan berpengalaman, yang saat ini menjabat sebagai test rider Yamaha. Bagi tim independen, inilah titik di mana kami bisa membantu Yamaha. Cal bisa menjalani jarak yang baik di atas M1 kami, yang bisa membantunya menjalankan tes dan pengembangan untuk Yamaha," lanjut Razali.

Pria asal Malaysia ini pun yakin Crutchlow bisa langsung nyaman bekerja dengan timnya, mengingat Petronas SRT dikenal sebagai salah satu tim paling profesional di MotoGP. Selain itu, Crutchlow dikenal punya hubungan yang sangat baik dengan sang manajer tim, Wilco Zeelenberg, yang juga manajer timnya di WorldSSP 2009.

"Kami akan melakukan segalanya demi membantu dan mendukungnya, serta membuatnya nyaman di tim kami. Ia sudah akrab dengan beberapa orang di tim kami, dan ini membantu. Saya pun yakin ia siap menyambut tantangan," tutup Razali. Morbidelli sendiri diperkirakan baru akan kembali berlaga dalam MotoGP Misano, 17-19 September.

Sumber: Petronas Yamaha SRT

3 dari 3 halaman

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022

KOMENTAR