BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Petronas Yamaha SRT Pertimbangkan Jonathan Rea untuk MotoGP 2022

08-07-2021 11:07 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki
Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki

Bola.net - Petronas Yamaha SRT tak pelak lagi menjadi tim yang paling terdampak oleh keputusan Maverick Vinales dan Monster Energy Yamaha untuk berpisah setahun lebih awal dari durasi kontrak di MotoGP 2022. Di tengah silly season yang panas ini, Sky Sport pun mengabarkan bahwa SRT kini melirik enam kali juara WorldSBK, Jonathan Rea.

Seperti yang diketahui, pengumuman soal perpisahan Vinales dan Yamaha pada 2022 dirilis Senin (28/6/2021), hanya sehari usai Top Gun finis kedua dan naik podium di Assen, Belanda. Yamaha pun menegaskan bahwa keputusan ini diambil berdasarkan permintaan Vinales sendiri, yang angin-anginan sejak bergabung pada 2017.

Kandidat utama pengganti Vinales di tim pabrikan adalah rider SRT sendiri, yakni Franco Morbidelli, yang merupakan runner up MotoGP 2020. Saat ini, rider Italia berdarah Brasil itu diketahui 'sekadar' terikat kontrak dengan SRT sampai akhir 2022, namun bisa jadi kontraknya diubah jadi kontrak pabrikan Yamaha tahun depan.

1 dari 3 halaman

Mata Yamaha Tertuju pada Ranah WorldSBK

Toprak Razgatlioglu dan Garrett Gerloff (c) Yamaha Racing
Toprak Razgatlioglu dan Garrett Gerloff (c) Yamaha Racing

Jika Morbidelli benar-benar pindah, SRT pun harus mencari dua rider anyar, mengingat Valentino Rossi sudah memberi sinyal kuat bakal pensiun. SRT sempat mengincar Toprak Razgatlioglu, namun ditolak mentah-mentah karena rider Turki itu justru tanda tangan kontrak baru berdurasi dua tahun untuk bertahan di WorldSBK bareng Pata Yamaha.

Rider lain yang dievaluasi SRT adalah rider GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff, yang menggantikan Morbidelli di MotoGP Assen. Namun, rider Amerika Serikat ini belum terlalu mentereng di WorldSBK, dan belum cukup matang mengendarai YZR-M1 meski sudah dua kali mengendarai motor itu di MotoGP.

Yang mencengangkan, pada Rabu (7//7/2021),tersiar kabar bahwa SRT kini tengah saling lirik dengan Jonathan Rea, yang dikenal sangat setia dengan Kawasaki Racing Team di WorldSBK, walau berkali-kali mengunjungi paddock MotoGP selama tiga tahun belakangan untuk mencari tim yang bisa ia bela.

2 dari 3 halaman

Bersaing dengan Dovizioso, Fernandez, Vierge, dan Dixon

Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki
Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki

Rea diketahui pernah bernegosiasi dengan Suzuki Ecstar, Pramac Racing, dan Aprilia Racing untuk turun di MotoGP, namun kata sepakat tak pernah diraih. Di lain sisi, dua tahun belakangan ini, rider Irlanda Utara itu tak lagi ngotot mencari tim di MotoGP dikarenakan usianya yang tahun ini sudah menginjak angka 34.

"Di antara nama-nama yang dievaluasi oleh sang pabrikan Jepang untuk line up 2022, ada nama Jonathan Rea, enam kali juara dunia Superbike. Rider Inggris itu diharapkan siap menerima tantangan baru membela Petronas di kelas premier," tulis Sky Sport. Sebagai catatan, Dorna Sports juga dikabarkan sangat ingin memiliki rider Inggris lagi usai Cal Crutchlow pensiun.

Meski begitu, selain Rea, ada nama besar lain yang kabarnya juga ada dalam daftar incaran SRT, yakni Andrea Dovizioso, yang kini jadi test rider Aprilia Racing. Juga ada beberapa rider Moto2, yakni penggawa Elf Marc VDS Racing, Augusto Fernandez, dan rider Petronas Sprinta Racing, Xavi Vierge dan Jake Dixon.

Sumber: Sky Sport

3 dari 3 halaman

Video: Angka Covid-19 Meningkat, Australia Batalkan MotoGP dan Formula 1

KOMENTAR