BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Petronas: Naungi Rossi-Lorenzo? Misi Kami Kembangkan Rider Muda

06-04-2020 15:30 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP

Bola.net - Manajer Tim Petronas Yamaha SRT, Wilco Zeelenberg, mengaku belum berani menyatakan seberapa besar peluang timnya untuk menaungi Valentino Rossi di MotoGP 2021, mengingat misi utama timnya sejak turun di MotoGP 2019 adalah mengembangkan pebalap muda.

Musim depan, posisi Rossi di Monster Energy Yamaha resmi bakal digantikan Fabio Quartararo. Namun, rider berusia 41 tahun ini masih ragu untuk pensiun. Ia sendiri menyatakan bakal menggunakan beberapa seri perdana 2020 sebagai masa evaluasi: jika masih kompetitif, maka ia akan melanjutkan karier pada 2021.

Yamaha sendiri telah menyatakan bahwa mereka akan menyediakan kontrak dan paket motor spek pabrikan untuk Rossi jika rider Italia itu memutuskan bertahan setahun lagi. Namun, satu-satunya tempat yang jelas-jelas bakal kosong tahun depan ada di dalam garasi SRT.

1 dari 3 halaman

Belum Diskusi dengan Yamaha

Zeelenberg sendiri belum mau mengatakan apa pun soal peluang SRT menaungi Rossi, namun blak-blakan menyatakan bahwa pihaknya sudah mengantongi beberapa nama yang bisa dijadikan calon pengganti Quartararo pada 2021 mendatang.

"Pertama, kami harus lihat kapan musim baru dimulai, dan apa memang bisa dimulai, karena saat ini semuanya masih meragukan. Kami sudah punya beberapa nama. Kami rasa keduanya bisa bekerja dengan baik, dan mungkin tak ada orang lain yang merasa begitu," ujarnya via wawancara dengan Niki Kovacs seperti yang dikutip Corsedimoto.

"Kabar terbaru soal Vale adalah cerita lain. Kami belum diskusi dengan Yamaha, soal opsi apa saja yang tersedia. Sebelum ambil keputusan, Vale ingin lihat 2-3 balapan pertama. Jadi kami belum bisa membayangkan ia akan bergabung dengan tim kami tahun depan, karena mungkin saja ia akhirnya memutuskan pensiun," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Jorge Lorenzo?

Zeelenberg juga belum mau banyak menanggapi rumor bahwa timnya juga bisa menaungi Jorge Lorenzo, yang sejak menjabat sebagai test rider Yamaha dikabarkan akan kembali balapan semusim penuh di atas motor YZR-M1 tahun depan. Pria Belanda ini pun menyatakan bahwa prioritas timnya adalah mengembangkan rider muda.

"Apa pun memungkinkan, tapi pertama kami harus diskusi soal struktur tim dan apa yang benar-benar kami inginkan. Misi kami adalah berkembang dengan rider muda. Jika kami meninggalkan rencana ini, maka kami akan bicara soal cerita yang benar-benar berbeda. Dalam dunia balap, apa pun bisa terjadi. Tapi saat ini saya belum bisa memberikan jawaban yang pasti," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Josh Sargent