BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pernah Menang di Portimao, Morbidelli-Petrucci Tak Sabar Kendarai MotoGP

08-10-2020 10:23 | Anindhya Danartikanya

Franco Morbidelli saat mengendarai R1 di Portimao. (c) MotoGP.com Franco Morbidelli saat mengendarai R1 di Portimao. (c) MotoGP.com

Bola.net - Franco Morbidelli dan Danilo Petrucci merupakan segelintir dari para pembalap MotoGP yang pernah benar-benar balapan di Sirkuit Portimao, Portugal. Keduanya pun sangat menyukai trek ini, dan atas alasan ini pula mereka sangat senang Portimao untuk pertama kalinya akan menggelar MotoGP pada 20-22 November mendatang.

Portimao selesai dibangun pada 2008 lalu, dan sejak itu hanya menjadi tuan rumah WorldSBK. Akibat pandemi Covid-19, trek ini jadi sorotan karena akan menggelar MotoGP dan Formula 1. MotoGP pun menggelar uji coba pada Rabu (7/10/2020) bersama para pembalap dan test rider.

Seluruh pembalap pun hadir, kecuali Fabio Quartararo dan Iker Lecuona. Ketika para test rider memakai motor-motor MotoGP, para pembalap reguler memakai motor superbike. Morbidelli dan Petrucci pun masing-masing mengendarai Yamaha R1M dan Ducati Superleggera V4.

1 dari 3 halaman

Memacu Adrenalin Pembalap

Sirkuit Portimao, Portugal (c) WorldSBK Sirkuit Portimao, Portugal (c) WorldSBK

Kepada MotoGP.com, Morbidelli mengaku senang bukan kepalang bisa kembali ke Portugal, khususnya Portimao. Bagaimana tidak? Ini merupakan salah satu trek favoritnya, dan ia bahkan pernah meraih kemenangan di ajang FIM Superstock 600 pada 2013, dalam perjalanannya menuju status juara.

"Rasanya menyenangkan bisa kembali ke Portugal. Saya punya kenangan manis di trek ini, karena saya pernah menang di sini pada 2013. Sudah tujuh tahun sejak terakhir saya balapan di sini, dan kini saya bisa katakan saya mendapati treknya sangat mengagumkan," ujar rider Italia berdarah Brasil ini.

"Aspalnya sangat menyenangkan dan halus, layout-nya tetap sangat memacu adrenalin, tapi benar-benar juga sangat aneh untuk ukuran sebuah sirkuit roadbike. Tapi trek ini sungguh menarik dan menantang. Sangat menyenangkan bisa dapat kesempatan uji coba di sini sebelum balapan pada November," lanjut 'Franky'.

2 dari 3 halaman

Pernah Menang Bareng Ducati

Danilo Petrucci saat mengendarai Superleggera V4 di Portimao. (c) MotoGP.com Danilo Petrucci saat mengendarai Superleggera V4 di Portimao. (c) MotoGP.com

Petrucci juga menyampaikan opini senada dengan Morbidelli. Ia juga pernah menang di Portimao, yakni pada 2011 dalam ajang FIM Superstock 1000, dalam perjalanannya merebut status juara dengan Davide Giugliano. Kala itu Petrucci duduk di peringkat runner up, sebelum pindah ke MotoGP pada 2012.

"Saya punya kenangan yang sangat manis di sini. Saya sangat menyukai trek ini. Saya sangat senang bisa kembali ke sini, ini tempat dan sirkuit yang menyenangkan. Dengan aspal baru, trek ini jauh lebih menyenangkan! Saya sangat menyukainya," ungkap rider Ducati Team ini.

"Kemenangan terakhir saya, sebelum Mugello (2019), terjadi di sini dan saat itu saya memenanginya bersama Ducati. Saya tak sabar kembali ke sini. Itu akan jadi balapan terakhir saya bersama Ducati, dan saya ingin melaju secepat mungkin," tutup Petrucci, yang musim depan pindah ke Red Bull KTM Tech 3.

Sumber: MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR