BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Peresmian Status 'MotoGP Legend' Jorge Lorenzo Harus Tertunda

19-05-2020 14:55 | Anindhya Danartikanya

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Yamaha Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Yamaha

Bola.net - Tak hanya terpaksa batal turun balapan dengan fasilitas wildcard musim ini, Jorge Lorenzo juga harus bersabar menanti penyematan status 'MotoGP Legend'. Hal ini dikonfirmasi oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, kepada Marca pada Minggu (17/5/2020).

Kabar soal Lorenzo akan mendapatkan status MotoGP Legend ini sejatinya sudah dikonfirmasi langsung oleh Ezpeleta di Valencia, Spanyol, pada 14 November 2019, yakni tepat dalam jumpa pers di mana Lorenzo mengumumkan keputusannya pensiun.

Pada awal tahun ini, peresmian penyematan status tersebut dipastikan akan digelar di sela pekan balap MotoGP Jerez, Spanyol, pada 1-3 Mei 2020 lalu, namun tak jadi karena seri tersebut mengalami penundaan akibat pandemi virus corona.

1 dari 3 halaman

Bukan Keperluan Genting

Seri Jerez pun kini direncanakan digelar dua kali, yakni pada 17-19 dan 24-26 Juli mendatang. Meski begitu, Ezpeleta ragu dua kesempatan ini bisa jadi tempat Lorenzo mendapatkan status legendanya secara resmi karena adanya kebijakan dan protokol baru dalam pekan balap.

Ini berkaitan dengan tekad Dorna Sports menggelar balapan tanpa penonton dan media massa, serta menekan jumlah pekerja di paddock seiring anjuran physical distancing. "Entah kapan kami bisa meresmikannya. Jelas tak bisa di Jerez karena takkan ada media massa," ujar Ezpeleta.

"Ketika memungkinkan, kami akan melakukannya, tapi dengan catatan dengan adanya kehadiran publik. Yang jelas, ia sudah kami nobatkan dan kami akan meresmikannya ketika kondisinya mendukung. Toh ini bukan hal krusial baik bagi Jorge maupun kami," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Lorenzo Batal Balapan

Pekan lalu, Grand Prix Commission (GPC) juga mengumumkan bahwa fasilitas wildcard dihapus secara sementara untuk musim 2020, juga dengan alasan penekanan jumlah pekerja di paddock demi physical distancing.

Aturan ini pun membuat Lorenzo (Yamaha), dan test rider MotoGP lainnya batal menjalani balapan wildcard musim ini. Aturan ini juga berdampak pada Stefan Bradl (Honda), Michele Pirro (Ducati), Mika Kallio, Dani Pedrosa (KTM), Bradley Smith, Lorenzo Savadori (Aprilia), dan Sylvain Guintoli (Suzuki).

3 dari 3 halaman

Video: Mengenang Legenda Formula 1, Ayrton Senna

KOMENTAR