BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Perbanyak Latihan Motor, Maverick Vinales Tekad Perbaiki Gaya Balap

17-03-2020 10:25 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, sama sekali tak bersantai ria dalam menjalani masa 'libur panjang' MotoGP 2020 akibat pandemi virus corona (Covid-19). Ia pun mengaku terus giat berlatih demi menghadapi musim baru. Hal ini ia ungkap via MotoGP.com.

Seri-seri perdana MotoGP harus dibatalkan dan tunda akibat terus merebaknya Covid-19 di berbagai negara. Alhasil, para rider pun harus berdiam diri di rumah demi mengurangi potensi infeksi virus. Meski begitu, bukan berarti mereka berleha-leha.

Vinales contohnya. Ia menganggap bahwa penundaan awal musim ini sebagai tambahan masa pramusim, di mana ia tetap menjalankan program latihan di gym dan dan arena-arena motocross terdekat.

1 dari 2 halaman

Latihan Motocross dan Supermoto

"Ini masih pramusim, jadi saya harus mempertahankan performa yang baik lewat latihan-latihan intensif, baik di gym maupun di atas motor. Saat ini kami masih menunggu balapan pertama, tapi saya berlatih sangat keras karena ingin tiba di balapan pertama dengan level terbaik," ujarnya.

Rider berusia 25 tahun ini pun mengaku memperbanyak latihan di atas motor. Setelah sempat vakum setahun, kini ia kembali ke arena motocross dan bahkan lebih sering lagi berkendara. Kadang, ia menggantinya dengan latihan supermoto atau minibike.

"Saya coba sering-sering berkendara, karena yang terpenting memang ada di atas motor. Saya latihan pakai motocross, supermoto... Saya juga latihan di trek balap. Meski tak pakai M1, setidaknya saya coba memperbaiki beberapa hal yang nantinya bisa saya terapkan di atas M1," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Perbaiki Gaya Balap, Terutama Pengereman

Berlatih di atas motor memang metode yang sangat penting bagi para pebalap, namun Vinales punya alasan sendiri mengapa ia memilih jauh lebih sering melakukannya. Ia pun mengaku ingin memperbaiki performa pengeremannya.

"Saya masih harus memperbaiki gaya balap karena belum mencapai level terbaik. Jadi masih ada yang harus saya perbaiki, terutama di area pengereman, di mana saya harus lebih kuat. Saya rasa saya bisa mengalami kemajuan dalam bulan-bulan ini, dan saya yakin bisa mengendarai M1 lebih baik lagi," pungkasnya.

Rencananya, MotoGP 2020 akan dimulai dengan Seri Jerez, Spanyol, yang dijadwalkan digelar pada 1-3 Mei jika tak ada hambatan.

KOMENTAR