BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Penuh Kagum, Inilah Reaksi Para Rider MotoGP Soal Kembalinya Marc Marquez

16-04-2021 10:05 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Meski merupakan rival di lintasan, para rider MotoGP meyakini bahwa perjuangan Marc Marquez untuk kembali berkompetisi layak mendapatkan rasa hormat. Mereka pun menyambut hangat kehadiran rider Repsol Honda itu di Portimao, Portugal, untuk menjalani balapan pertama kalinya sejak Juli 2020.

Marquez memang harus melewati sembilan bulan yang kelam, diwarnai tiga operasi besar, akibat tulang humerus kanannya yang patah dan bahkan sempat infeksi usai terjatuh keras di MotoGP Spanyol 2020. Absen sepanjang musim lalu, ditambah Seri Qatar dan Doha, tahun ini, Marquez pun akhirnya kembali.

Para pembalap tak memungkiri bahwa musim lalu memang menyajikan pertunjukan yang sama sekali tak tertebak ketika Marquez absen, namun mereka juga tak malu-malu mengakui telah kehilangan referensi terbaik. Kini mereka pun tutur bahagia melihat sang delapan kali juara dunia kembali berkompetisi.

Berikut reaksi para rider MotoGP soal kembalinya Marc Marquez, seperti yang dilansir dari situs resmi kejuaraan pada Kamis (15/4/2021).

1 dari 6 halaman

Johann Zarco

Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco (c) Pramac Racing Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco (c) Pramac Racing

"Saya rasa ini bagus. Ini adalah hal terpenting bagi Marc. Saya sungguh tak bisa membayangkan: ia adalah orang yang penuh energi, tapi malah harus tinggal di rumah, sekaligus dirundung rasa ragu bahwa lengannya akan kembali normal. Saya rasa semua penggemar senang melihatnya kembali, terutama dia sendiri. Saya bisa bayangkan betapa bahagianya dia, tapi saya juga ikut senang untuknya, karena ia akhirnya bisa menghilangkan keraguan itu dari dirinya."

2 dari 6 halaman

Fabio Quartararo

"Saya rasa ini sangat baik untuk Marc, karena ia sudah sangat lama tak naik motor MotoGP. Ini juga baik untuk kejuaraan. Jika Anda merupakan delapan kali juara dunia dan tak turun lintasan sepanjang musim 2020, maka peta persaingan jadi berubah seperti yang kita lihat tahun lalu. Jadi, kembalinya Marc sangat baik untuk semua orang, karena kami kini kembali punya referensi."

3 dari 6 halaman

Maverick Vinales

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha

"Saya rasa ini sangat baik bagi semua orang, karena Marc sudah absen setahun. Sebagai pembalap, bagi saya masa-masa itu pasti sangat sulit. Saya benar-benar ikut senang Marc bisa kembali, karena cara kami menjalani hidup adalah menikmati momen-momen mengendarai motor. Inilah cara kami menikmati hidup.

"Saya rasa melihatnya kembali di sini adalah hal yang menakjubkan. Tentu kami semua sangat senang. Kami memang rival di dalam di trek, namun di luar trek kami selalu punya hubungan baik dan ini sangat penting. Mendapati semua pembalap ada di sini, terutama Marc yang merupakan rider utama di kejuaraan ini, sangatlah penting. Jadi, saya sangat bahagia untuknya."

4 dari 6 halaman

Joan Mir

"Saya sangat bahagia untuk Marc karena ia bisa kembali di sini. Pada tahun-tahun sebelumnya, ia merupakan referensi kami. Jadi, melihatnya kembali di sini bakal jadi kesempatan bagi saya untuk belajar darinya. Saya juga senang ia bisa kembali. Kita masih harus lihat kiprahnya nanti, tapi berada di sini adalah langkah pertama penting baginya."

5 dari 6 halaman

Miguel Oliveira

"Saya tak bisa menambahkan hal-hal penting lain pada apa yang sudah dikatakan rider lain. Tentu saya ikut sangat bahagia untuk Marc, karena kini ia kembali sebagai individu yang normal, usai mengalami insiden yang sangat buruk dan melewati banyak hal demi kembali melakukan apa yang ia cintai, yakni mengendarai motor, seperti kami semua.

"Soal kompetisi, saya rasa kami semua jadi sangat bersemangat karena meski tahun lalu kami semua tampil baik, kami kehilangan orang yang mendominasi MotoGP. Jadi, saya rasa kembalinya Marc bikin kami lebih termotivasi."

Sumber: MotoGP

6 dari 6 halaman

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR