Pentingnya Peran Uccio Salucci Bagi Valentino Rossi

Bola.net | 2 Oktober 2018, 12:40
Valentino Rossi (c) AFP
Valentino Rossi (c) AFP

Bola.net - - Para penggemar MotoGP pasti tahu bahwa Valentino Rossi dan Alessio 'Uccio' Salucci merupakan 'duet' tak terpisahkan. Kepada Servus TV, Rossi pun akhirnya membeberkan betapa pentingnya peranan Salucci dalam karier balapnya di ajang Grand Prix.

Rossi dan Salucci diketahui saling kenal sejak usia lima tahun dan bersahabat erat hingga dewasa ini. Salucci yang akrab disapa Uccio ini pun terlihat sama sekali tak pernah absen mendampingi dan mempersiapkan segala perlengkapan balap Rossi di setiap pekan balap.

Uccio sendiri bisa dikatakan sebagai 'pelopor' asisten pribadi seorang pebalap. Persahabatan dan hubungan profesional antara Rossi dan Uccio lah yang akhirnya mempopulerkan tren asisten di kalangan pebalap MotoGP.

1 dari 2 halaman

Butuh Teman Saat Balapan

Valentino Rossi dan Uccio Salucci (c) Yamaha

Valentino Rossi dan Uccio Salucci (c) Yamaha

The Doctor pun mengaku bahwa kehadiran Uccio di sisinya dalam setiap pekan balap dimulai sejak ia masih turun di kejuaraan-kejuaraan balap Eropa. Meski senang didampingi sang ayah yang juga eks rider GP500, Graziano Rossi, ia juga membutuhkan kawan sebaya untuk diajak berdiskusi.

"Pada awal karier saya, Uccio sangatlah penting. Kala itu saya turun di kejuaraan Eropa dan ayah saya, Graziano mendampingi saya di setiap balapan. Tapi hubungan dengan orang tua kadang bisa rumit di beberapa situasi. Jadi saya senang bila bisa menghabiskan waktu dengan sahabat-sahabat saya selama pekan balap," ujar Rossi.

2 dari 2 halaman

Tak Hanya Asisten

Seiring berjalannya waktu, peran Uccio bagi Rossi melebihi dari sekadar asisten. Kini Uccio juga menjabat sebagai project leader dari VR46 Riders Academy dan tim balap Rossi yang turun di Moto3 dan Moto2, Sky Racing VR46.

"Uccio kini adalah tangan kanan saya. Ia juga mengurus berbagai keperluan pribadi saya saat berkompetisi, seperti sarung tangan, sepatu balap dan masih banyak lagi. Teman-teman saya juga ada di motorhome saya, sekitar 4-5 orang," ungkap rider asal Italia tersebut.

Akhir pekan ini, Uccio juga dipastikan akan mendampingi Rossi, yang akan turun di MotoGP Thailand yang bakal digelar di Sirkuit Buriram, 5-7 Oktober.

Mau bantu para korban gempa & tsunami di Pulau Sulawesi? Silahkan berdonasi lewat link di bawah ini.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR