Pensiun, Jorge Lorenzo Punya 3 Opsi Masa Depan di MotoGP

Anindhya Danartikanya | 19 Desember 2019, 11:28
Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (c) HRC
Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (c) HRC

Bola.net - Usai memutuskan pensiun dari MotoGP akhir musim ini dalam usia 32 tahun, Jorge Lorenzo tetap menjadi topik perbincangan di paddock, terutama mengenai masa depannya.

Lorenzo pensiun usai kesulitan menjinakkan motor RC213V di Repsol Honda musim ini, apalagi ia dirundung banyak cedera, terutama cedera keretakan tulang belakang yang tak kunjung pulih.

Meski begitu, lewat Servus TV pada Senin (16/12/2019), Lorenzo mengaku akan tetap mengunjungi paddock MotoGP, sekaligus menyatakan bahwa dirinya telah menggodok sebuah proyek baru di dunia balap.

Por Fuera pun memiliki tiga opsi untuk masa depannya. Apa saja sih? Berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

Jadi Test Rider

Baru-baru ini, Lorenzo dikabarkan mendapat tawaran dari Yamaha untuk menjadi test rider MotoGP mereka musim depan, mengingat pabrikan Garpu Tala tengah berusaha memantapkan program tim uji coba Eropa mereka.

Ketertarikan Yamaha bukannya tak masuk akal. Membela mereka pada 2008-2016, Lorenzo memang garang di atas YZR-M1. Ia sukses meraih tiga gelar dunia, 44 kemenangan, 107 podium, dan 40 pole.

2 dari 3 halaman

Analis MotoGP di Televisi

Seperti Colin Edwards, Stefan Bradl, dan Alex Criville, Lorenzo juga punya opsi terjun ke dunia pertelevisian sebagai analis balap motor, khususnya MotoGP, di Spanyol, Italia, atau bahkan Inggris karena ia menguasai bahasa ketiga negara-negara tersebut.

Ia bisa bekerja dengan DAZN yang belakangan ini begitu gencar menyajikan program MotoGP, atau Sky Sport Italia yang belakangan memang mengincar beberapa eks pebalap MotoGP untuk dijadikan analis. Ia juga bisa bergabung dengan BT Sport, di mana Edwards bekerja.

3 dari 3 halaman

Bentuk Tim Balap

Lorenzo juga bisa jadi mengikuti jejak Valentino Rossi dan Max Biaggi membentuk tim di kelas balap yang lebih ringan. Apalagi Lorenzo juga punya pengalaman mementori pebalap muda seperti Jorge Martin dan Tony Arbolino.

Jadi kira-kira profesi apa yang akan dipilih Lorenzo musim depan? Kita tunggu kabar selanjutnya ya, Bolaneters!

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR